Thread: ARWANA SINTANG
View Single Post
Old 10-22-2002, 11:25 AM   #2
dOels
NAC MEMBER
 
dOels's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: X-Malang - Jakarta Timur.
Posts: 810
Default

Hernandi, awal yang bagus !
Pantau terus perkembangan aro Sintang tsb, kalo bisa dibuat foto2nya. Ada juga pedagangnya yg jual Arwana Sampit, ekornya kuning, badannya juga terlihat nuansa kuning.
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Uk. 8 cm-an[/quote]<span id='postcolor'>rasanya sih lebih dari 8 cm, saya beli,trus diukur dg meteran, rata2 sih 11-12 cm</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">kepala melengkung kaya sendok[/quote]<span id='postcolor'>Baguslah itu.</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Katanya besarnya kaya Red Banjar [/quote]<span id='postcolor'>mungkin juga karena tidak didapatkan 3 lajur yg memotong sisik yg biasanya ada di Pino</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE"> Apakah bentuk kepala sendok baik bagi ikan uk. 8 cm (bakat baik) ? Apakah lengkungan menonjol (naik) di atas sekitar mata wajar pada aro uk 8 cm-an, atau ini justru cacat?
[/quote]<span id='postcolor'> Mungkin bagus itu, yg "kuntet" biasanya mata besar dan kepala cenderung segi empat/ketupat</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Apakah benar, aro sintang ini sebenarnya = Red Banjar ?
[/quote]<span id='postcolor'>Ya bukan, kalo Red Banjar dari ekornya aja terlihat berbeda</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">Harga itu terlalu mahal nggak utk jenis tsb ?[/quote]<span id='postcolor'>Tidak, saya dapatkan 210 rb(mungkin kekecualian kali ya?
Pekan2 terahir saya dapatkan (menurut pedagangnya) arwana Sintang dan Sampit. Yang Sintang, seperti Bung Hernandi sebutkan. Kepala sendok, sungut panjang (seperti Silver Brazil) Kearah punggung coklat kehitaman ada nuansa merah, begitupula sirip dan ekor, sisik rapi dari depan bersambungan, tidak dihalangi sambungan dua sisik samping. Kalo ada yg mau beli, mungkin saya jual lagi dengan harga 888 ribu ! . Trus saya juga dapat (menurut pedagangnya) Sampit, ekornya kuning, badan seluruhnya nuansa kuning, terang adak sedikit gold, cuma pola sisiknya tidak setajam yg Sintang. Beberapa pedagang malah mengklaim sebagai Banjar dg harga 200 rb. Pernah juga beli dua ekor arwana yg diklaim sebagai Sampit, setelah besar warna keduanya tidak sama, yg satu ekornya kuning, dg badan seperti silver/mutiara kilau, yg kedua ekor kehijauan dg badan perak tapi kurang berkilau. Saya pikir dalam satu jenis itu ada beberapa tingkatan kualitas, baik warna maupun anatomi. Mungkin seperti halnya ikan cupang, dimana hanya 10 % saja dari anakan satu indukan yg lumayan bagus.
Setelah satu tahun agak jarang,di pasaran sekarang lagi banjir aro kecil, borong !

Wallahualam,
dOels is offline   Reply With Quote