View Single Post
Old 01-07-2010, 09:02 AM   #1
agussyawal
NAC MEMBER
 
agussyawal's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Karawaci
Posts: 38
Default Ini rumah atau toko ikan,sih!!

“Ini rumah atau toko ikan,sih!!! “
“Memangnya gak ada aquarium yang lebih gede lagi, penuh-penuhin ruangan aja!!”
Mungkin…ada komentar seperti itu pernah muncul di rumah kita, entah dari istri tercinta,anak,adik,kakak,kerab at,bahkan orangtua kita sendiri. Komentar tersebut jelas berhubungan dengan hobi memelihara ikan yang kadang bagai candu(untuk sebagian orang),yang tak pernah puas menambah koleksi ikan di rumah dan tentunya menambah pula jumlah akuarium sebagai tempat hidupnya. Terlebih untuk pecinta ikan arwana yang memang dituntut membuat akuarium berukuran lumayan besar sebagai tempat hidup sang arwana tersayang yang pada masa dewasanya bisa mencapai panjang lebih dari 50cm. Akhirnya, tidak cuma aquarium berukuran besar diparkir di ruang tamu atau keluarga, bahkan palud (paludarium)pun diciptakan.
Bagi pemilik rumah dengan ukuran besar dan luas, mengisi rumah dengan akuarium besar bahkan palud pun sekalipun mungkin tidak terlalu mengganggu kenyamanan aktifitas pemilik rumah yang akibat terganggu oleh sempitnya ruang gerak dan pandang di dalam rumah. Tetapi dengan ukuran rumah yang kecil, untuk sebagian orang tentulah menjadi kendala menghadirkan sebuah aquarium dengan ukuran besar di dalamnya. Memang terkadang kesenangan,kegemaran, atau hobi akan mengesampingkan segala hal-hal yang menghambatnya. Meskipun ada anggapan, “akuarium besar untuk ikan arwana yang sangat bernilai di dalamnya tidaklah mungkin dimiliki oleh orang yang memiliki rumah kecil”,atau anggapan lain mengatakan, “Kalau memelihara ikan semahal itu saja mampu,kenapa tidak mengusahakan punya rumah yang lebih besar lagi”.
Rumah,tidak hanya berisi manusia pemiliknya,tetapi juga perabot, serta perangkat penunjang aktifitas manusia di dalamnya. Pernahkan terlintas,hubungan antara arwana,aquarium dan besarnya tipe rumah? jika memang ada,bagaimana idealnya ukuran sebuah aquarium dengan arwana di dalamnya dan perbandingannya dengan ukuran besarnya tipe rumah?
Terlepas dari itu semua, sah-sah saja orang untuk memelihara arwana dengan atau tidaknya memiliki rumah yang besar dan ruangan yang cukup bebas untuk meletakkan sebuah aquarium,bahkan palud sekalipun untuk tempat hidup sang arwana di dalamnya . Memang ”Memelihara arwana bagai candu”,mungkin pendapat ini ada benarnya.
agussyawal is offline   Reply With Quote