Thread: My Platinum SR?
View Single Post
Old 01-03-2006, 01:39 PM   #21
Jufri
NAC 054
 
Jufri's Avatar
 
Join Date: Sep 2005
Location: Jpn
Posts: 796
Default Re: My Platinum SR?

Quote:
Originally Posted by JD Winata
Theori saya :
1. Semua Aro dgn genetika warna patern ring pasti bisa dibuat menjadi platinum ,cuma syaratnya harus anakan dgn bibit yg terbaik dan hanya bisa dibuat jika dimulai dari kecil sekali.
2.Proses pertama adalah pembentukan ring dahulu , abaikan tanning warna dgn Actnic Blue dan UV 16.000K keatas ,dipelihara dalam aquarium dgn BG dan dasar warna terang.
3.Tanpa zat kimia atau hormon apapun lho , buat pH 6.5 (presisi sekali) tapi gHnya 18 ,caranya pake aquadest atau air hasil reverse osmosis lalu set pH di6.3 lalu tambahkan Ca sampe gH naik , nge set parameter ini yg susah banget
,waktu aronya kecil dan baru mulai harus presisi banget , pas udah keluar ringnya ,toleransinya gak harus presisi tdk masalah .
4.Lampu , kalau mau agak semu merah pink platinumnya pake lampu underwater (harus underwater lho) dgn derajat K tinggi cuma ingat maximal 15.000K saja ,lbh dari itu core akan mulai menggelap dan warnanya keluar orange (papay Red) nb: tdk akan merah darah krn parameter airnya gH tinggi.
Makin rendah angka K lampunya (minimal 10.000K) maka warnanya akan kian chrome metalik .
Warna sirip ekor tetap merah hingga tdk mengurangi keindahan dan identitas SR.
5.Selama proses ini dijalankan sampai usia dewasa maka tidak akan pudar /berubah (dijamin)

SR saya ini bisa aja seenaknya saya buat jadi semu pink di ring2nya dan bibir serta pipinya ataupun solid chrome tanpa nuansa magenta samasekali tergantung dari jenis lampu yg saya pakai ,
SR ini memakai lampu Hagen wide spectrum invicible UV dgn colour temp 15.000K utk mengeluarkan semu pink di ring dan pipinya , jika saya ganti dgn Hagen general purpose 10.000K maka warnanya akan jadi ring solid chrome sampe pipi dan bibir.
sangat setuju sekali dg point ke 1.
bila dari jenis Silver dan green arowana akan lebih mudah lagi proses pembentukan warna chrome nya. suatu saat nanti akan saya upload pict nya
Jufri is offline   Reply With Quote