View Single Post
Old 07-19-2006, 06:50 PM   #10
ragn4rok
NAC MEMBER
 
ragn4rok's Avatar
 
Join Date: Jul 2006
Location: Bandung
Posts: 375
Default Re: Amano's big tank

sumber nya bisa diliat di ADA journal yg silver.. itu dia bangun di atas kayu rumah.. terus di bagian bawah ada filternya.. jadi kalo konstruksi sembarangan bisa jebol..

Yup, kaca emang ada yg puluhan juta.. bahkan ada yg tembus seratus juta --> bisa cek di bukunya Yohannes (baru akan terbit) ttg aquascape2 karya anak bangsa, salah satunya ada yg 7meter.. Info bukunya tar saya kasi tau disini.. soalnya aye juga belom beli..

3m x 2m x 1m kemungkinan butuh pesan khusus.. saya ragu 19mm standard bisa menahan beban tekanan air 6 ton.. apalagi kalau kacanya ingin setinggi 1 meter.. Kalau tinggi kaca 0.7 - 0.8m mungkin masih bisa pakai 19mm standard.. --> ini pun saya jujur saja agak khawatir.. harga saya kurang tau pastinya.. harus tanya2 dulu..

contoh kasus (true story) :
1. di salah satu kolam aquascaper profesional BDG ada tuh kolam 3 x 3 x 1 .. dia pakai 19mm standard yg umum dijual di pasaran, hasilnya : kaca tsb agak bengkung kalau dilihat dari samping..
2. di salah satu pelanggan aquascaper profesional tsb, juga ada kejadian.. kolamnya 4meter.. Sudah diberitahu pesan khusus, malah memaksakan untuk menggunakan kaca 12mm berlapis (dia pakai 3 lapis).. akhirnya setelah beberapa bulan, kaca tsb retak satu demi satu.. dan duerrr... itu kaca kaya bom aj.. meledak ke depan.. untung gak ada sapa2 yg lagi di depan tuh kolam.. akhirnya ikan dan tanaman tewas semua..

kolam bung Rudolf yg 5 x 3 x 0.6 tentu baik2 saja, saya liat kacanya dibungkus pakai bingkai beton.. :P hehehe.. Pada umumnya yg bikin kolam ingin kacanya hanya dibingkai pada bagian bawah kiri kanan.. atasnya dibiarkan saja..

Ingat, dalam membuat aquarium apalagi ukuran udah ribuan liter, safety merupakan faktor nomor 1 yang juga harus diperhatikan.. daripada kaca meledak dan membahayakan orang, serta ikan dan tanaman tewas semua.. mending pilih yg terbaik dan teraman.. Tapi tentunya dengan perhitungan yg benar.. bukan asal pilih kaca yg paling tebal.. tebal kacanya disesuaikan dengan kondisi aquariumnya..
ragn4rok is offline   Reply With Quote