View Single Post
Old 11-27-2006, 08:34 AM   #47
rmsun
NAC 135
 
rmsun's Avatar
 
Join Date: Jul 2004
Location: Bandung
Posts: 366
Default Re: PH terlalu turun???

Quote:
Originally Posted by newb4ev3r
Sama donk kaya di tempat gue airnya, KERAS ABIS!!!! Duuuh, musti beli RO dah.

Bro Buddy, saya pake portable pH tester merk Hanna pHep buatan Mauritius (kalo ga salah inget, kira-kira mulai dari M dah ) lumayan juga tuh, 1 digit di belakang koma, akurasi +/- 0.1. Harganya Rp. 350.000,-. Kalibrasi di pH 4, 7, 10, tapi buffernya musti beli sendiri. Kata penjualnya sih jangan pake merk Resun, butut abis.
Kalo nanya ke toko yang jual peralatan tester laboratorium grade sih, pH tester sekitar 2,5 juta-an (buatan Taiwan), mengukur sampai 2 digit di belakang koma, akurasi juga 0.01. Kalo yang sekalian bisa ngetest ORP, bisa kena 4 juta-an, komplit.
Hati hati dngn PH meter...
baru aja kemarin saya kecolongan...ceritanya saya punya ph meter merk schott yang pake probe (dua digit dibelakang koma) kayanya sih akurat banget,cuma kesel nunggu hasilnya bisa 3menit baru nongol angka yg pastinya.
trus saya jadi beli yg hanna seperti bro punya(seminggu yg lalu),saya kalibrasi pake buffer PH4 & PH 7 ternyata hasil kalibrasi toko dngn gue sama.trus saya pake sehari2, sampe kemarin pagi saya coba lagi saya kaget,koq air aquanya si chilli naik hampir 1 point...langsung aku kasih acid ke aqua si chilli...
pas siangnya gua nemu ph meter merk hanna jg yg bekas dulu..gua iseng test masukin ke aqua si chilli ...gila Phnya 5.3 bo...kaget banget ,trus gua langsung ambil yg merk handy lab....ternyata sama.pantes pagi2 setelah gue kasih acid si chilli jadi ogah2an makannya.
untuk kasus ini saya hanya menyarankan ...sebisa mungkin PH meter punya dua...andai gua kemaren gak nemu PH meter yg lama,mungkin si chilli sampe seterusnya hidup di air acid dngn PH sekitar 5.3.
rmsun is offline   Reply With Quote