View Single Post
Old 04-29-2007, 06:48 AM   #1
JD Winata
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Some simple rules in taking pictures

Sharing tips sederhana dalam memotret :
1. Dalam susunan foreground , object dan background , akan jauh lbh 'pop up' jika object nya lbh terang ktimbang FG atau BGnya, simple rules nya adalah memotret dgn BG lbh gelap ktimbang object nya , arah kamera membelakangi sumber cahaya utama ,arah object menghadap cahaya.
2. Arah cahaya secara frontal searah dgn kamera akan memberikan kesan flat datar kurang berdimensi ,walaupun hasil foto jelas dan tidak berbayang , namun tidak 3D, simple rules utk foto lbh berdimensi adalah cari dulu sumber cahaya utama ,kejar angle frontalnya dahulu ,sesudah mendapatkan posisi tsb lalu putar posisi anda mengitari objek tersbut (bisa ke kiri terus atau ke kanan terus) pada angle yg tepat maka objek terlihat lbh crisp dan 3D dgn highlight hingga shadowed area yg tergradasi dgn baik krn arah cahaya yg tepat, terlalu over pada angle akan berakibat object 'jumping' pada pencahayaannya ,balik kembali ke angle sebelumnya , sekilas anda akan mengerti 'limit' area angle pencahayaan yg tepat.
3. Pemilihan exposure akan membedakan suatu hasil fotografer dgn fotografer lainnya , jangan takut berexperimen dgn slow shutter speed , bukaan aperture besar dan selalu berani mencoba variasi2 exposure.
4.Foto yg bagus bukan berarti semata mata foto model yg cantik atau foto pemandangan yg indah , foto yg bagus adalah kombinasi dari object yg bagus , lighting yg tepat dan exposure yg sempurna dgn warna yg akurat dan indah
5. Gear bukan segalanya , dgn peralatan yg terbaik memang hasilnya tidak diragukan kualitasnya ,namun ingatlah jika hanya utk format showcase kecil (net images) 150-200kb ukuran 900-800pixel maka hasil kamera 3.2MP pun sudah cukup mumpuni ,sekilas sulit membedakan hasil DSLR atau hasil kamera HP .
6.Jangan takut utk mencoba dan jangan terpaku dgn angle atau obejct atau pencahayaan yg itu itu saja, belajar lah dgn mencoba dan mencoba lagi , cari tahu kesalahan anda dgn berani mencoba dan jgn takut salah , dgn mengetahui kesalahan kita bisa tahu cara memperbaikinya
JD Winata is offline   Reply With Quote