View Single Post
Old 08-11-2005, 06:09 PM   #18
Gaga
NAC 005
 
Gaga's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: Jakarta
Posts: 1,979
Default Re: korelasi kwalitas air dengan aro>?

Quote:
Originally Posted by JD Winata
1. pH turun karena :
a.air awal PAM biasa masih dalam pH tinggi dari proses chlorine nya (biasa 7.8-8.2) ,hanya temporary hardness juga sifatnya ,diendapkan saja maka chlorinenya akan menguap dan hardnessnya turun berakibat pH pun turun ke level yg stabil selama tidak ada faktor parameter air lain yg diubah (tambah garam ,dll) pemakaian aerator juga mempercepat penurunan pH air .
b , Proses fermentasi kotoran dan naikknya kadar ammonia dalam air , Nitrat tinggi akan menaikkan kadar pH dari nitric dan humid acid yg terbentuk dari proses fermentasi tsb.
Ingat skala pH jangan sembarang yakin dgn hasil test anda , alat test kit liquid biasanya stlh dibuka 1-2bln ,hasil testnya udah ngaco, tester pH digital pun harus dikalibrasi tiap kali mau ditest .

Tenang aja memang aro jenis ikan yg kuat dan bukan hanya faktor pH yg menentukan warna , masih banyak faktor lain spt tanning dgn lampu yg tepat , kadar ammonia ,suhu , genetika , makanan dan nutrisi yg tepat dsb2 .
Masalah anda mau berapa cepat merahnya ? berapa cepat timbul ringsnya , berapa cepat aronya crossback?
Ada yg crossback 4-5thn , tapi ada yg 1thn udah full crossback .
Ada yg 30cm baru keluar ring tipis , tapi ada pula yg 23cm dah keluar ring tegas .
Juga masalah pertumbuhan dan metabolisme ikan , kalo anda bisa mengkondisikan aro dalam kondisi idealnya maka semua parameternya tercapai :
Aronya rakus ,gemuk ,cepat besar dan gak pernah mogok makan , ringnya cepat keluar saat masih kecil dan cepat pula mencapai crossbacknya hingga akhirnya full red di usia muda .
Ada yg bilang crossback itu stlh 4-5thn paling cepat dan udah dibuktikan bisa dilakukan kurang dari usia 1 thn
Ada yg bilang full red itu cuma bisa dicapai Blood red diatas 8-10thn , akan dibuktikan bhw dalam kurang dari 4 thn full red bisa dicapai .
Ada yg bilang Chili red lbh lambat perkembangan warnanya sampai usia 3-4thn baru bagus, sudah dibuktikan di usia 8bln pun sudah bisa dibuat full rings level 5 tegas dan pipi ngeblok merah .
Masalahnya kita mau secepat apa dan serepot apa ?
banyak yg mau ke surga tapi gak ada yang mau mati khan? he he he
Yah ... Om, urusan ikan mah ngga usah bawa-bawa surga ama mati lah, kejauhan .... smile2
Gaga is offline   Reply With Quote