View Single Post
Old 05-16-2007, 09:21 AM   #12
JD Winata
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Re: Some simple rules in taking pictures

IMHO nambah sedikit saran buat rekan2 secara general aja utk model shots ;
1. Pose penting , lighting juga penting , saat anda masih tahap ujicoba dan belajar mana yg lbh penting belajar posing atau belajar lighting? dalam konteks photography dua2nya memang penting tapi saat masih belajar, lbh baik mempelajari lighting dulu krn posing dgn mudah bisa mencontoh atau contek dari majalah , saat posing udah bagus namun lightingnya salah pose sebagus apapun jadi flat datar tanpa dimensi .
Memang sekilas awam melihat dari cantik tidaknya sang model ,cuma dgn lighting yg lbh bagus lagi maka image pun tambah bagus juga.
2. Kamera dan lensa memang penting namun bukan jaminan pakai kamera mahal dgn megapixel besar akan menjamin hasil bagus , yg penting asal tidak noise dan bisa mengakomodir kecepatan dan ketepatan AF serta menangkap warna secara akurat sudah cukup deh (merk Canon gituuuu....) Percuma beli kamera mahal cuma gak bisa pakainya , foto flat atau tidak itu bukan dari kamera lho tapi dari angle dan lightingnya, juga lensa percuma pake L lens dgn bukaan besar kalo ketepatan dan tone warna L seriesnya dirubah jadi aneh krn salah white balance dan tidak menggunakan kelebihan aperture besarnya dan malah pakai bukaan aperture medium aja bukan?
Pake lensa 24-70f2.8L namun tonenya dirubah, pake flash terus dan pake f8 terus khan mubazir bukan? knp gak pake Tamron 28-75f2.8 aja kalo cuma dipakai spt itu, hasilnya sama aja koq.
3.Jangan malas kalo motret ,muter dan cari angle yg tepat , inget bukan dokumentasi lho tapi beauty shot , cari angle , muterin modelnya dan shot dari tiap sudut , belajar dari tight shot hingga landscape shotnya .
4. Exposure dan lighting adalah segalanya dari sisi tehnis , posing dan expressi adalah segalanya dari sisi art nya . Exposure adalah kombinasi antara ISO ,shutter speed dan aperture lensa , kombinasi ketiganya adalah exposure , signature seorang photographer dilihat dari exposure dan lightingnya , kedua hal inilah yg membedakan photographer dgn photographer lainnya.
JD Winata is offline   Reply With Quote