Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (28760)
N1WAN
N1wanRed 189 (54091)
N1WAN
N1wanRed 185 (55100)
N1WAN
N1wanRed 184 (57021)
N1WAN
N1wanRed 190 (27705)
N1WAN
N1wanRed 188 (53606)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > Tips & Trik > Comm Tank
Register FAQ Members List Calendar Search Today's Posts Mark Forums Read

Comm Tank Ngediskusiin masalah seputar Community Tank Arwana dgn Arwana, Arwana dgn ikan hias air tawar lain

Reply
 
Thread Tools
Old 02-03-2008, 11:12 PM   #31
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by novrizal View Post
Bro numpang tanya apa betul kayu bakau yg sdh tenggelam dpt menurunkan PH atau menetralisir racun dlm air?...Mohon pencerahannya dr Bro2x sekalian...Thanks
mksdnya bogwood pak? sy uda pernah coba,tp hasilnya aneh.. kadang2 emang PH bs turun,tp kadang ngga.. sama jg halnya dgn daun ketapang.. akirnya skrg ga pake apa2,bening aja.. soalnya klo PH uda turun trus masukin ke aq,bentaran PH nya uda naek lg ke 7-7.5.. drdl ini yg sy kurang paham,mgkn aerasi yg menyebabkan PH naik lg.. mgkn yg laen amo nambahin ??? thx..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-03-2008, 11:19 PM   #32
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by jimmy_phan View Post
mksdnya bogwood pak? sy uda pernah coba,tp hasilnya aneh.. kadang2 emang PH bs turun,tp kadang ngga.. sama jg halnya dgn daun ketapang.. akirnya skrg ga pake apa2,bening aja.. soalnya klo PH uda turun trus masukin ke aq,bentaran PH nya uda naek lg ke 7-7.5.. drdl ini yg sy kurang paham,mgkn aerasi yg menyebabkan PH naik lg.. mgkn yg laen amo nambahin ??? thx..
Dengan kondisi seperti itu, apa Aro punya lo masih punya nafsu makan yang bagus dan sehat-sehat aja? Karena hati-hati kalo lo kutak katik air, yang ada malah sebaliknya.
Seperti lo bilang, uang sekolahnya mahal...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-03-2008, 11:26 PM   #33
novrizal (551)
NAC MEMBER
 
novrizal's Avatar
 
Join Date: May 2007
Location: Surabaya,East Java,Indonesia
Posts: 525
Default Re: Air gantian

Sekarang aku lagi percobaan kayu bakau aku taruh di air endapan sambil aku aerasi...sambil nunggu PS BIOnya Bro Andhara...nanya lagi Bro..apakah aerasi dpt mengakibatkan PH naik?...

Last edited by novrizal : 02-03-2008 at 11:28 PM. Reason: aerasi
novrizal is offline   Reply With Quote
Old 02-03-2008, 11:36 PM   #34
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

makanye skrg ga gue utak atik lg,biarin aja dah apa adanya.. dimacem2in mlh stres ikan nya,yg penting asal mao mkn aja.. klo ga mao mkn yg bikin puyeng..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-03-2008, 11:47 PM   #35
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by novrizal View Post
Sekarang aku lagi percobaan kayu bakau aku taruh di air endapan sambil aku aerasi...sambil nunggu PS BIOnya Bro Andhara...nanya lagi Bro..apakah aerasi dpt mengakibatkan PH naik?...
Pak, supaya lebih jelas dan juga bisa menambah wawasan Bapak juga, coba buka www.o-fish.com
Disitu banyak artikel yang pasti bikin Bapak tertarik. Dijamin...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-03-2008, 11:48 PM   #36
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by jimmy_phan View Post
makanye skrg ga gue utak atik lg,biarin aja dah apa adanya.. dimacem2in mlh stres ikan nya,yg penting asal mao mkn aja.. klo ga mao mkn yg bikin puyeng..
Sipp lah....
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 12:04 AM   #37
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

kali aja PS BIO bs menjawab smuanya..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 12:28 AM   #38
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by jimmy_phan View Post
kali aja PS BIO bs menjawab smuanya..
Gak lah Boss...PS BIO bukan obat Dewa, cuma menghilangkan Nitrat dan menjernihkan air. Isinya aja cuma Bakteri Pengurai hidup doang dan gak ada bahan Kimia sama sekali....
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 11:35 AM   #39
Gaga (3101)
NAC 005
 
Gaga's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: Jakarta
Posts: 1,979
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by andhara View Post
Gak lah Boss...PS BIO bukan obat Dewa, cuma menghilangkan Nitrat dan menjernihkan air. Isinya aja cuma Bakteri Pengurai hidup doang dan gak ada bahan Kimia sama sekali....
Bisa aje lu Bos, merendahkan diri sambil menaikan mutu
Gaga is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 01:55 PM   #40
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

maklum lah orang marketing,bahasanya MAUT..
klo kualitas air bgs,secara ga lgsng pst ngaruh jg ke nafsu makan ikan donk.. jgn merendah gt napa,hahahahaha..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 04:55 PM   #41
azura (5486)
NAC 029
 
azura's Avatar
 
Join Date: Sep 2004
Location: KGP
Posts: 4,230
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by andhara View Post
Gak lah Boss...PS BIO bukan obat Dewa, cuma menghilangkan Nitrat dan menjernihkan air. Isinya aja cuma Bakteri Pengurai hidup doang dan gak ada bahan Kimia sama sekali....
omong2 tuh tolong threadnya boss gaga ttg ps bio dijawab dulu donk .... banyak yg nanya tuh
__________________

azura is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 06:02 PM   #42
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by Gaga View Post
Bisa aje lu Bos, merendahkan diri sambil menaikan mutu
Tinggal naikkin harga aja yang belum ya?

Quote:
Originally Posted by jimmy_phan View Post
maklum lah orang marketing,bahasanya MAUT..
klo kualitas air bgs,secara ga lgsng pst ngaruh jg ke nafsu makan ikan donk.. jgn merendah gt napa,hahahahaha..
Nah...itu lo dah tau kan...

Quote:
Originally Posted by azura View Post
omong2 tuh tolong threadnya boss gaga ttg ps bio dijawab dulu donk .... banyak yg nanya tuh
Sudah dijawab tuh Oom Azura...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 06:13 PM   #43
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by novrizal View Post
Sekarang aku lagi percobaan kayu bakau aku taruh di air endapan sambil aku aerasi...sambil nunggu PS BIOnya Bro Andhara...nanya lagi Bro..apakah aerasi dpt mengakibatkan PH naik?...
PS BIO sudah dikirim tadi siang via darat...ditunggu ya...terima kasih.
Sebelum dituang PS BIO nya, air Aq diganti 20-30% seperti biasa supaya hasilnya lebih bagus.
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 06:38 PM   #44
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

laris manissssssssssssssssssssss.. hayo hayo sapa lg,sayang aro sayang aro.. klo di ITC laen lg yell-yell nya.. "boleh ya,ci..kutang nya bagus bagus"
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 09:53 PM   #45
aroindah (581)
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: Air gantian

Kalsium itu mempunyai ion postif 2 (++ atau 2+). Jika di dalam air dia jenuh (saturated) maka dia membentuk molekul2 Kalsium seperti CaCO3 (Kapur), CaSO4, dll.

Ketika diberikan aerasi, itu artinya ditambahkan Oksigen (O2) maka molekul2 yang tadinya jenuh dalam endapan menjadi tidak jenuh, akibatnya dia (molekul2 Kalsium) akan larut kedalam air(lagi) dan membentuk ion hydroxil, kesetimbangan kimia bergeser membentuk ion hydroxil Ca(OH)2. Nah ion2 hydroxil yakni OH- inilah yang menyebabkan pH naik

Kalau tidak ditambahkan O2/aerasi, maka molekul2 Kalsium jenuh (CaCO3 dll) yang tadinya mengendap tidak akan masuk/larut kedalam air aquarium, hanya mengendap di filter....atau di dasar aquarium


Quote:
Originally Posted by andhara View Post
Boss, gue baru tahu loh kalo ion Ca++ + H2O + O2 hasilnya Ca(OH)2.
Setahu gue larutan Ca didalam air ya Ca(OH)2 atau Kalsium Hidroksida yang berupa larutan Basa. Tidak ada penambahan O2.
Kalau pun ditambahkan O2 hasilnya adalah Ca(OH), yang ada Kalsiumnya akan bereaksi jadi CaO kalau dipanaskan dan bersisa H2 yang menguap.

Sorry kalo salah...
aroindah is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:08 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com