Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (28760)
N1WAN
N1wanRed 189 (54091)
N1WAN
N1wanRed 185 (55100)
N1WAN
N1wanRed 184 (57021)
N1WAN
N1wanRed 190 (27704)
N1WAN
N1wanRed 188 (53606)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > Tips & Trik > Comm Tank
Register FAQ Members List Calendar Search Today's Posts Mark Forums Read

Comm Tank Ngediskusiin masalah seputar Community Tank Arwana dgn Arwana, Arwana dgn ikan hias air tawar lain

Reply
 
Thread Tools
Old 02-04-2008, 09:57 PM   #46
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

lha opo iki,ora ngerti aku..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-04-2008, 11:11 PM   #47
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

@ Aroindah :

CaSO4 itu adalah garam dan hanya terjadi bila
Ca(OH)2 + H2SO4 ---> CaSO4 + H2O
Kalau sudah ada larutan ini, ya semua makhluk hidup akan modar.
Karena H2SO4 bersifat asam yang korosif, salah satunya.

Menurut lo :
Ca++ + OH- ---> Ca(OH)2 itu yang terlarut di air.
Kalau Ca++ menjadi jenuh akibat berada di air dan membentuk CaSO4 (salah satunya), berarti di dalam air itu ada kandungan H2SO4 dong.

Mungkin harusnya begini supaya jelas..dengan alkalinitas, agar pH air tetap terhadap perubahan :
CO2 + H2O <---> H2CO3 <---> H+ + HCO3- <---> CO3- + 2H+

Disini yang menaikkan atau menurunkan pH adalah ion Hidrogen (H+).
Bukan ion Hidroksida (OH-) seperti kata lo itu. Karena ion Hidroksida tidak memberikan pengaruh apapun terhadap rantai reaksi diatas.

Dan betul bahwa pemberian aerator dapat menaikkan pH, makanya disarankan selalu ganti air supaya pH turun, salah satunya.
Karena hasil respirasi Ikan yang berupa CO2 didalam air yang jumlahnya banyak akan menghasilkan H2CO3.

Sekarang pertanyaannya, kalo didalam Aq tidak ada makhluk hidup apapun baik Ikan maupun tanaman (hanya air),apakah dengan pemberian aerator tetap akan menghasilkan pH yang tinggi?
Kalau iya, berarti gak ada gunanya dong semua orang membuat air cadangan/endapan yang diberikan aerator kalau menjadikan pH air naik biarpun kadar Klhorin-nya hilang. Betul gak?

Mohon maaf kalo masih salah...mohon pencerahannya..maklum gue newbie disini.
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 12:57 AM   #48
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Air gantian

busyettt,saya benar ngak ngerti istilah2 ilmiah (fisika).
nyesel dulu dibangku sekolah cuma ngelihat awan.....
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 01:01 AM   #49
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
busyettt,saya benar ngak ngerti istilah2 ilmiah (fisika).
nyesel dulu dibangku sekolah cuma ngelihat awan.....
Ngeliat Awannya pake Rhohypnol atau Megadon Boss?
Kalo gue dulu pake Juhi atau Hashis
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 08:03 AM   #50
arofanatics (14132)
NAC 041
 
arofanatics's Avatar
 
Join Date: Apr 2005
Location: city of angel's
Posts: 10,478
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by djuwanto
busyettt,saya benar ngak ngerti istilah2 ilmiah (fisika).
nyesel dulu dibangku sekolah cuma ngelihat awan.....

Ngeliat Awannya pake Rhohypnol atau Megadon Boss?
Kalo gue dulu pake Juhi atau Hashis


hihihi...kaco niy om2...kocak abist...
klo sy dl liat awan sambil pegang "XXX" biar lbh cihuiyyy ...
__________________
May Aro Force be with U ....Pizz
arofanatics is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 11:10 AM   #51
aroindah (581)
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: Air gantian

Maaf salah tangkap:

CaSO4 adalah salah satu CONTOH garam2 dari Kalsium. Bisa ada bisa tidak, tergantung dari air tanahnya. Saya maksudkan adalah sangat banyak garam2 Kalsium, itu salah satu contohnya.....CaSO4 adalah gypsum (jadi secara alamiah ada di alam bebas, gak musti ada H2SO4, H2SO4 adalah buatan manusia, tidak ada di alam bebas)

Jika terdapat dalam jumlah kecil dia tidak apa2 karena dia bersifat asam. Kalo banyak ya itu tadi : beracun.

Sekali lagi, jika tidak ada makhluk hidup yang menghasilkan CO2, maka pH akan naik. Aerasi akan membuang gas Cl2 yang berbahaya. Dan ada tentu ada batas pH yang bisa diterima makhluk hidup. Beberapa speciment masih dapat hidup tenang dgn pH 8.5....

Ca++ tidak selalu menjadi CaSO4, tergantung dari airnya

pH tergantung dari H+ (asam) dan OH- (basa) jadi bukan hanya dari H+ semata.

Itulah sebabnya air bersifat netral karena dia H2O mengandung 1 ion H+ dan 1 ion OH -

H+ + OH- ----------> HOH atau H2O

Jika hanya melihat H+ air jadi asam donk......



Quote:
Originally Posted by andhara View Post
@ Aroindah :

CaSO4 itu adalah garam dan hanya terjadi bila
Ca(OH)2 + H2SO4 ---> CaSO4 + H2O
Kalau sudah ada larutan ini, ya semua makhluk hidup akan modar.
Karena H2SO4 bersifat asam yang korosif, salah satunya.

Menurut lo :
Ca++ + OH- ---> Ca(OH)2 itu yang terlarut di air.
Kalau Ca++ menjadi jenuh akibat berada di air dan membentuk CaSO4 (salah satunya), berarti di dalam air itu ada kandungan H2SO4 dong.

Mungkin harusnya begini supaya jelas..dengan alkalinitas, agar pH air tetap terhadap perubahan :
CO2 + H2O <---> H2CO3 <---> H+ + HCO3- <---> CO3- + 2H+

Disini yang menaikkan atau menurunkan pH adalah ion Hidrogen (H+).
Bukan ion Hidroksida (OH-) seperti kata lo itu. Karena ion Hidroksida tidak memberikan pengaruh apapun terhadap rantai reaksi diatas.

Dan betul bahwa pemberian aerator dapat menaikkan pH, makanya disarankan selalu ganti air supaya pH turun, salah satunya.
Karena hasil respirasi Ikan yang berupa CO2 didalam air yang jumlahnya banyak akan menghasilkan H2CO3.

Sekarang pertanyaannya, kalo didalam Aq tidak ada makhluk hidup apapun baik Ikan maupun tanaman (hanya air),apakah dengan pemberian aerator tetap akan menghasilkan pH yang tinggi?
Kalau iya, berarti gak ada gunanya dong semua orang membuat air cadangan/endapan yang diberikan aerator kalau menjadikan pH air naik biarpun kadar Klhorin-nya hilang. Betul gak?

Mohon maaf kalo masih salah...mohon pencerahannya..maklum gue newbie disini.
aroindah is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 02:45 PM   #52
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Makanya untuk menaikkan atau menurunkan tingkat keasaman air, yang dikutak katik hanya ion H+ bukan ion H-....jangan yang lain, bisa berabe jadinya....ngarti ora son...
Kalo masih nggak ngerti juga, lo cari buku "Chemistry for Water Treatement" di Pasar Senen...banyak tuh...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 02:52 PM   #53
Dedi (2702)
NAC MEMBER
 
Dedi's Avatar
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta
Posts: 1,215
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by andhara View Post
lo cari buku "Chemistry for Water Treatement" di Pasar Senen...banyak tuh...
saya cari buku chemistry dapetnya majalah Pl** B** edisi tahun 90-an.... saya suka abis tulisannya dikit, gambarnya banyak....bagus-2 meskipun udah lama...
udah gitu nggak ada H+ atau H- segala lagi jd gak pusing... recommended bro...
Dedi is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 02:55 PM   #54
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by Dedi View Post
saya cari buku chemistry dapetnya majalah Pl** B** edisi tahun 90-an.... saya suka abis tulisannya dikit, gambarnya banyak....bagus-2 meskipun udah lama...
udah gitu nggak ada H+ atau H- segala lagi jd gak pusing... recommended bro...
Nah di buku itu juga diulas Chemistry untuk Foreplay sampai selesai....Tapi kalo edisi 90an, berarti sampul depannya gambar Mak Wok ya...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 02:59 PM   #55
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Air gantian

swear Bos,baca tread ini ampe puyeng2 seolah2 didepan papantulis.......
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 03:04 PM   #56
dony (8383)
NAC 058
 
dony's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Posts: 4,345
Default Re: Air gantian

au ah blebek .. kalo gue sih praktis2 aja ..
yang penting air ditampung, kalo bisa di aerasi ..
setelah itu baru buat ganti air di tank ..
hasilnya napsu makan ikan nambah kenceng ..
piss
dony is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 03:08 PM   #57
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Air gantian

Quote:
Originally Posted by dony View Post
au ah blebek .. kalo gue sih praktis2 aja ..
yang penting air ditampung, kalo bisa di aerasi ..
setelah itu baru buat ganti air di tank ..
hasilnya napsu makan ikan nambah kenceng ..
piss
Betul Boss Dony....dari dulu pakem itu yang selalu gue pake...karena ada yang sotoy disini ya jadi bikin puyeng aja nih thread...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 07:00 PM   #58
novrizal (551)
NAC MEMBER
 
novrizal's Avatar
 
Join Date: May 2007
Location: Surabaya,East Java,Indonesia
Posts: 525
Default Re: Air gantian

He..He..nyesel dulu sekolah sangu'nya vodka terus sekarang modhaaar kalo dikasih rumus2x kayak diatas...tau'nya vodka + buavita uenaak tenaaan....
novrizal is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 07:58 PM   #59
jimmy_phan (1915)
NAC MEMBER
 
jimmy_phan's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Pekanbaroe
Posts: 1,825
Default Re: Air gantian

hahahahaah.. PLETOKAN atuh pak..
jimmy_phan is offline   Reply With Quote
Old 02-05-2008, 08:13 PM   #60
aroindah (581)
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: Air gantian

Hello My Friend Andhara,

Hydrogen (H2) tidak akan pernah membentuk ion negatif (H-), dia akan selalu membentuk ion positif (H+), namun dia bisa membentuk senyawa ionik negatif dalam bentuk (OH-)/ hydroxil. Untuk menaikkan pH bisa ditambahkan OH- dalam bentuk Ca(OH)2 ataupun senyawa lainnya. Untuk menurunkan pH bisa ditambahkan senyawaan H+ seperti H3PO4, jadi tergantung mau menaikkan pH atau menurunkan pH yang dikutak-katik adalah H+ dan OH- bukan hanya H+, jika hanya H+ bagaimana menaikkan pH??

Cheers..

Quote:
Originally Posted by andhara View Post
Makanya untuk menaikkan atau menurunkan tingkat keasaman air, yang dikutak katik hanya ion H+ bukan ion H-....jangan yang lain, bisa berabe jadinya....ngarti ora son...
Kalo masih nggak ngerti juga, lo cari buku "Chemistry for Water Treatement" di Pasar Senen...banyak tuh...
aroindah is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 09:35 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2022, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com