Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (12504)
N1WAN
N1wanRed 189 (35872)
N1WAN
N1wanRed 185 (38122)
N1WAN
N1wanRed 184 (39570)
N1WAN
N1wanRed 190 (13048)
N1WAN
N1wanRed 188 (35067)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > Tips & Trik
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Tips & Trik Tips-tips dan trik segala sesuatu tentang Aro

Reply
 
Thread Tools
Old 07-31-2006, 05:39 PM   #1
stefy (17)
Member
 
Join Date: Aug 2005
Location: surabaya
Posts: 17
Default Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Untuk aquarium 300 lt kalau mau baik sebenarnya menggunakan lampu UV 18 watt.Biasanya yang dijual kalau saya lihat panjang tabung pendek,sehingga dosis penyinarannya kecil banget.Paling kalau dihitung benar hanya bisa untuk matikan algae.Karena kalau bakteri butuh 30.000 mikrowatt sec/cm2.Ide saya, kalau buat seperti asli agak sulit cari pipa kacanya.So dibuat saja air mengalir di talang pvc,atasnya diberi kaca datar,diatasnya disinari lampu UV-C (Tapi kalau bisa diatur kontruksi sinar lampu tidak terlihat dari luar,tapi kaca bisa dibersihkan kalau lama kelamaan ada keraknya yang dapat mengganggu sinar,sinar UV-C jgn kena mata bahaya). Info harga lampu philips UV-C hanya 85 rb.(langsung bisa dinyalakan dengan trafo neon biasa,pakai reflektor biar sinar terpusat kedepan,tapi sekali lagi jangan dilihat mata!!!!!!!!) Jarak penyinaran ideal 7,5 cm dari lampu sampai dasar air. jadi genangan air mengalir dibuat 6 cm ,kaca 5 mm,lampu dari kaca 1 cm.UV-c kalau beli dengan kapasitas itu bisa 750 rb.Juga kurang efektif karena waktu tinggal airnya pendek. Sorry kalau kata2nya kacau.
stefy is offline   Reply With Quote
Old 07-31-2006, 06:45 PM   #2
JD Winata (10903)
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Re: Membuat UV murah.

Bukannya salah ,cuma sekedar saran aja : jangan main2 sama listrik di air , resiko paling kecil : aro nya kepanggang , resiko paling besar : pemiliknya kesetrum .
Bayangin kalo instalasinya salah lalu bocor airnya kemana2 dan nyetrum org2 yg nginjak air tumpah tsb?
Cuma uang puluhan ribu rupiah mending agak boros dikit tapi safe lah , hitungan saya kalo mampu beli arowana yg notabene ikan mahal masa gak sanggup beli UV jadian.
Ini gak main2 lho ,powerhead dan heater kacangan buatan china aja dah sering makan korban nyetrum , pesan saya hati2 deh dgn listrik .
JD Winata is offline   Reply With Quote
Old 07-31-2006, 06:54 PM   #3
stefy (17)
Member
 
Join Date: Aug 2005
Location: surabaya
Posts: 17
Default Re: Membuat UV murah.

Ya itu sih tergantung.Kalau takut sama listrik jgn pasang lampu donk! Juga listrik.Sebetulnya orang yang main kolam koi biasanya pakai ini.Tapi kadang mereka kurang pas dalam penempatannya yang membuat kurang efektif, apalagi untuk kolam koi yang butuh kapasitas besar.Sebetulnya idenya begini, kalau bisa murah kenapa harus mahal.
stefy is offline   Reply With Quote
Old 07-31-2006, 07:36 PM   #4
supreme (98)
NAC 085
 
Join Date: Aug 2005
Location: Jakarta
Posts: 57
Default Re: Membuat UV murah.

Idenya boljug, siapa tau menginspirasi yg lain untuk buat yg lebih safely. Thanks for sharing
supreme is offline   Reply With Quote
Old 07-31-2006, 08:13 PM   #5
JD Winata (10903)
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Re: Membuat UV murah.

Quote:
Originally Posted by stefy
Ya itu sih tergantung.Kalau takut sama listrik jgn pasang lampu donk! Juga listrik.Sebetulnya orang yang main kolam koi biasanya pakai ini.Tapi kadang mereka kurang pas dalam penempatannya yang membuat kurang efektif, apalagi untuk kolam koi yang butuh kapasitas besar.Sebetulnya idenya begini, kalau bisa murah kenapa harus mahal.
Stefi , coba kalo kamu yakin akan safety nya ide kamu ,coba dibuat aja dulu nanti kita bantu jual di koperasi NAC.
" Everybody wants to go to Heaven ,but sadly nobody wants to die "
Kalo mau buat ,sbenernya apa aja bisa buat sendiri koq, aquarium , filter canister pake bahan ember besar ,selang dan powerhead, heater pake elemen pemanas solder kecil dan bimetal switch utk automatic termostatnya , cuma is it worth it antara penghematan dan resikonya?
JD Winata is offline   Reply With Quote
Old 08-01-2006, 02:06 AM   #6
RudolF (1647)
NAC 119
 
RudolF's Avatar
 
Join Date: May 2006
Location: Depok
Posts: 1,010
Lightbulb Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Quote:
Originally Posted by stefy
Untuk aquarium 300 lt kalau mau baik sebenarnya menggunakan lampu UV 18 watt.Biasanya yang dijual kalau saya lihat panjang tabung pendek,sehingga dosis penyinarannya kecil banget.Paling kalau dihitung benar hanya bisa untuk matikan algae.Karena kalau bakteri butuh 30.000 mikrowatt sec/cm2.Ide saya, kalau buat seperti asli agak sulit cari pipa kacanya.So dibuat saja air mengalir di talang pvc,atasnya diberi kaca datar,diatasnya disinari lampu UV-C (Tapi kalau bisa diatur kontruksi sinar lampu tidak terlihat dari luar,tapi kaca bisa dibersihkan kalau lama kelamaan ada keraknya yang dapat mengganggu sinar,sinar UV-C jgn kena mata bahaya). Info harga lampu philips UV-C hanya 85 rb.(langsung bisa dinyalakan dengan trafo neon biasa,pakai reflektor biar sinar terpusat kedepan,tapi sekali lagi jangan dilihat mata!!!!!!!!) Jarak penyinaran ideal 7,5 cm dari lampu sampai dasar air. jadi genangan air mengalir dibuat 6 cm ,kaca 5 mm,lampu dari kaca 1 cm.UV-c kalau beli dengan kapasitas itu bisa 750 rb.Juga kurang efektif karena waktu tinggal airnya pendek. Sorry kalau kata2nya kacau.
Menarik bgt nih...Kayak nya klo dipakai untuk kolam cocok bgt,bikin yg watt nya lebih besar!Bro stefy ada gambar/foto nya gak?Saya pingin coba bikin nih !Tapi kalo kolam pake UV sterilizer terus-menerus bisa brakibat jelek terhadap air dan ikan,karna semua bakteri nya mati...bakteri yg baik dan bakteri yg buruk.Bener gak?Tolong masukan nya donk bros...
RudolF is offline   Reply With Quote
Old 08-01-2006, 09:07 AM   #7
pethouq (645)
NAC 049
 
pethouq's Avatar
 
Join Date: Sep 2005
Location: Sidoarjo
Posts: 564
Default Re: Membuat UV murah.

Bro Stefy, idenya manarik juga tuh.. btw yg 18w apakan modelnya panjang spt lampu tl biasa ? di sby dimana bisa dapat lampu uv ?
Tapi benar juga kata bung JD, hati2 dengan listrik (aliran listrik nggak bisa dilihat tapi sangat bermanfaat sekaligus sangat mematikan).. utamakan keselamatan..
pethouq is offline   Reply With Quote
Old 08-01-2006, 10:29 AM   #8
adipurwanto (2898)
NAC 031
 
adipurwanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Location: Pamulang City
Posts: 2,404
Default Re: Membuat UV murah.

Idenya menarik, tapi memang yg mengerjakan harus hati-hati dan telaten biar rapi dan gak membahayakan.
Memang saya denger orang2 koi banyak bikin ginian biar agak ngirit.
adipurwanto is offline   Reply With Quote
Old 08-02-2006, 09:12 AM   #9
koem-koem (3411)
NAC 045
 
koem-koem's Avatar
 
Join Date: Oct 2005
Location: Medan - Serpong PP
Posts: 2,438
Default Re: Membuat UV murah.

Boleh juga idenya kawan ..... !
Gak ada salahnya jika kita coba buat lampu UV rakitan sendiri krn Indonesia sangat terkenal dgn rakitannya tapi jgn lupa juga kita harus memperhatikan kemungkinan aspek bahayanya spt kabel yg terbuka yg menimbulkan stroom langsung yg dpt membahayakan aro maupun pemiliknya ( bahaya max = kematian ).
Bisa gak dibuatkan skemanya, siapa tahu pada pertemuan NAC ( agenda pertemuan ) berikutnya bisa kita rakit/praktekan pembuatannya di Mabes.


Salam,
koem-koem
ARomania Medan
koem-koem is offline   Reply With Quote
Old 08-06-2006, 04:19 PM   #10
husein (297)
NAC 052
 
husein's Avatar
 
Join Date: Aug 2005
Location: Jakarta
Posts: 202
Default Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Idenya Bro stefy oke, kalau lampu TL UV-C muat gak ya ke tabung Lampu Celup, kaya Oceanfree, NAN atau Dragon , kalau muat oke juga
husein is offline   Reply With Quote
Old 08-06-2006, 05:06 PM   #11
kino (976)
NAC 016
 
kino's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Location: freeyork
Posts: 522
Default Re: Membuat UV murah.

Idenya Bro stefy oke, kalau lampu TL UV-C muat gak ya ke tabung Lampu Celup, kaya Oceanfree, NAN atau Dragon , kalau muat oke juga

bagus juga idenya pake lampu celup ........................
kino is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2006, 08:49 AM   #12
pethouq (645)
NAC 049
 
pethouq's Avatar
 
Join Date: Sep 2005
Location: Sidoarjo
Posts: 564
Default Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Quote:
Originally Posted by husein
Idenya Bro stefy oke, kalau lampu TL UV-C muat gak ya ke tabung Lampu Celup, kaya Oceanfree, NAN atau Dragon , kalau muat oke juga
apa nggak bahaya ? kalo sistim celup khan cahayanya menyebar kemana-mana.. padahal sinar uv gak boleh dilihat langsung dengan mata telanjang..
pethouq is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2006, 10:35 AM   #13
koem-koem (3411)
NAC 045
 
koem-koem's Avatar
 
Join Date: Oct 2005
Location: Medan - Serpong PP
Posts: 2,438
Default Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Quote:
Originally Posted by pethouq
apa nggak bahaya ? kalo sistim celup khan cahayanya menyebar kemana-mana.. padahal sinar uv gak boleh dilihat langsung dengan mata telanjang..
Kamu bisa buat tempat/kotak/ utk lampu underwater yg terbuat dari kaca spt aquarium yg sekelilingnya ditutupi sticker hitam agar bias lampu tdk keluar.
Jadi lampunya bisa ditaruh diair atau dari atas layaknya aq arobox he... he... he...
koem-koem is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2006, 10:53 AM   #14
pethouq (645)
NAC 049
 
pethouq's Avatar
 
Join Date: Sep 2005
Location: Sidoarjo
Posts: 564
Default Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Quote:
Originally Posted by koem-koem
Kamu bisa buat tempat/kotak/ utk lampu underwater yg terbuat dari kaca spt aquarium yg sekelilingnya ditutupi sticker hitam agar bias lampu tdk keluar.
Jadi lampunya bisa ditaruh diair atau dari atas layaknya aq arobox he... he... he...
apa gak pengaruh ke mata aro ??
pethouq is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2006, 12:57 PM   #15
koem-koem (3411)
NAC 045
 
koem-koem's Avatar
 
Join Date: Oct 2005
Location: Medan - Serpong PP
Posts: 2,438
Default Re: Membuat UV pembunuh bakteri murah.

Quote:
Originally Posted by pethouq
apa gak pengaruh ke mata aro ??
kan tdk didlm aq langsung bro .... jadi semacam filter atas/gendong yg sisi kanan-kiri serta bawah ditutup pakai sticker hitam cuma atas aja yg tdk krn utk bias sinar lampu UV ( air mengalir dari filter ke kotak UV trus ke aquarium ).
koem-koem is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 04:13 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com