PDA

View Full Version : sungut


donald
12-25-2002, 08:38 PM
salam saya andry saya punya arwana sr satu ekor dari pontianak, pas dikasih arwana saya kayaknya sungutnya sama panjang dan sejajar, sekarang sungutnya agak kurang sejajar namun panjang tetap sama, apakah itu normal atau ada cara untuk mensejajarkan kembali, mohon dibantu terimakasih. http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

N1WAN
12-25-2002, 11:36 PM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote </td></tr><tr><td id="QUOTE">salam saya andry saya punya arwana sr satu ekor dari pontianak, pas dikasih arwana saya kayaknya sungutnya sama panjang dan sejajar, sekarang sungutnya agak kurang sejajar namun panjang tetap sama, apakah itu normal atau ada cara untuk mensejajarkan kembali, mohon dibantu terimakasih[/QUOTE]<span id='postcolor'>

Andry,
maksudnya pertama kali sungutnya sejajar seperti ini "II", kemudian agak kurang sejajar maksudnya begini " V ".

Kebanyakan aro memiliki sungut/kumis membentuk huruf "V", ada beberapa yang sejajar "II" semuanya bukan merupakan suatu penyakit, mana yang bagus, tegantung selera masing-masing.

Semoga bisa membantu.

donald
12-26-2002, 04:36 PM
model v mungkin cuma yang satu agak naik dikit, itu kenapa ? pas dapet agak sejajar tingginya , apa ngak diperhatiin mungkin, itu masalah ngak??? jadi jelek ?

dOels
12-27-2002, 09:16 AM
S.U.N.G.U.T
Key Â* Â* Â* Â* Â* Â*: sungut, kumis, jenggot, detektor )
Salam kenal Andry Donald.
Koment Â* Â* Â* : Â* no problem
Arwananya ukuran berapa ?
Dari sungut bisa juga dilihat indikator kualitas air (kebersihan, dll). Waktu awal2 saya piara arwana, juga mencemaskan keadaan sungut. Kebanyakan sungut yg acak2an kalau baru beli dari penjualnya (maklum mungkin keadaan tempat, jumlah dll).Bentuk sungut bermacam2, pilih aja sesuai selera. Ada yg mengkaitkan bentuk tertentu seperti angka delapan china. Secara umum ada sungut panjang dan sungut pendek. Special buat Jardini sungutnya seperti (meminjam istilah Arbelo cs : kumis "Banpol"/ sori Banpol ya? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â*).
Pendapat saya : sungut digolongkan dalam sungut sehat, gangguan dan unik.
- Sungut sehat biasanya mencuat ke atas atau rata2 air (bergantung posisi ujung bibirnya).
- Sungut unik biasanya cuma sungut tunggal (hanya satu di tengah), pendek sebelah secara mencolok atau tanpa sungut.
- Sungut gangguan. Karena sungut bertumpu pada rahang, maka gangguan pada rahang pun bisa mempengaruhi. Misalnya benturan keras yg diakibatkan terkejut/panik menyebabkan sungut drop sebelah atau dua2nya bergantung lokasi yg kena. Kebiasaan menggosok2 pada dinding juga mempengaruhi posisi, karena penebalan/"hiperplasia relatif"/"kapalan " jarak antar sungut melebar atau membuka ke depan. Ada juga sungut yg bengkok2 karena patah, atau bekas luka sehabis sakit / skar. Arwana yg sangat ketakutan biasanya sungutnya lunglai/drop dua2nya.

Cara pemeliharaan mempengaruhi juga perkembangan sungut. Yang jelas kualitas air yg bagus. Jaga agar arwana tidak banyak membentur-bentur kaca atau menggosok-gosok ke dinding tank.

Salam,

donald
12-27-2002, 10:35 PM
http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif
sangat sangat makasih nih, jadi agak tenangan dikit, mungkin mendingan beli aro pake sertifikat kali yach??? saya punya aro kaga ada, baru tau ada sertifikat dari babe lushita. mas doel kalo bole tau biar kaga jedot jedotin tembok sama gesekin to jenggot diapain?? saya liat yang sebelah diatas jenggot sebelahnya ada kayak putih - putih. jangan jangan ada jamur kayak si lushita ngak???

dOels
12-28-2002, 12:32 AM
Bung Andry D,
Apa kegunaan sertifikat buat Arwana?
Untuk mengatasi kelakuan aro, rahasianya : gunakan arus, kekuatannya secukupnya aja.
Putih2 mungkin jaringan mati akibat terbelah/terrobek, biasanya memang pada rahang tempat "cantolan" sungut. Jaga kebersihan dinding tank.
Berikan respon terus pada aro apa yg ia lakukan, semoga aronya makin lama makin terlatih.

Salam,

donald
12-28-2002, 10:44 AM
wah bisa balik normal lagi ngak tau mas???

dOels
12-29-2002, 10:31 AM
Kalo masih cemas juga, boleh saya lihat aronya atau bawa ke tempatku ? saya yakin sih nggak apa2 cuma butuh waktu. Kalo mau lihat aro saya (mudah2an belum diambil orang) yg golden Pino, sungutnya bekas patahan, tidak imbang satu tegak seperti pedang, satu seperti pedang yg di letakkan di meja. Sekarang udah sama dalam waktu kurang sekitar kurang dikit dari 4 (empat ) pekan.

Hernandi
12-30-2002, 08:08 AM
Mohon share informasinya bagi yg sdh pernah punya aro dengan sungut "V" tapi masing2 sungut tidak lurus, melainkan melengkung http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif maksudnya masing2 ujung sungut tidak lurus, tapi membentuk lengkungan. Ini normal tidak ? Apakah mungkin menjadi lurus seperti yang "normal" ? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/wink.gif

dOels
12-30-2002, 10:15 AM
Bung Hernandi,
Apakah ini yg dimaksud sungut dua pedang yg membentuk angka delapan china ? Sungut pedang saya rasa sih bukan type sungut lurus. Jangan bandingkan dg sungut Jardini, kalo jardini sungutnya type kumis "Satpam" http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif . Sungut yg membentuk V dg sudut buka yg sangar lebar kemungkinan karena sering terbentur, kalo keadaan lingkungan diperbaiki, sangat besar sudut sungut menjadi sempit kembali.

Hernandi
12-30-2002, 01:35 PM
P'dOels, maksudnya masing2 sungut melengkung membentuk huruf "J" (huruf "U" tidak lengkap), jadi ujung sungutnya saja yang melengkung http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/confused.gif

dOels
12-30-2002, 04:57 PM
= Yup. =

donald
01-03-2003, 12:26 PM
Mas Doels, message kenapa kaga bisa nyampe-nyampe sih??
full melulu. oh iya selamat tahun baru dan maaf minggu lalu kaga jadi kaga dapet mobil, dua-duanya dipake bonyok, minggu nanti yach, saya udah ngetek mobilnya. oh yach makasih banget tuh ikan si shita udah bae .

dOels
01-03-2003, 01:25 PM
Jangan kirim lewat forum, pake aja email yahoo : ikanhiasku@yahoo.com , coba deh, beberapa rekan juga saya terima emailnya hari ini.


salam