View Single Post
Old 06-11-2009, 12:04 PM   #12
arow
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: Penyebab DE sebenarnya??

Quote:
Originally Posted by arofanatics View Post
ya ga ada sangkut pautnya dgn bahan organik om, .... mungkin hanya sugesti aja kalee..
sy sii masih percaya bakat & genetik aro yg menyebabkan mata DE....
kl ga percaya om aroindah bisa jelasin Kenapa Black Silver matanya ga ada satupun yg de...

bukan hanya pd kolam tanah DE bisa diperbaiki...Pada kolam fiber tank & kolam semen, yg ga ada unsur tanahnya, mata aro biasanya bisa normal kembali ko...
asal ukuran aronya ms muda/kecil & DE-nya ga terlalu parah, miringnya tidak masuk ke cekungan lingkar mata....

treatment aro dewasa dan DE parah, pastinya ga bisa normal...sy bisa kirim 2 silver size 25-30cm yg matanya de ke tempat om aroindah...kl sembuh 100% buat bos aja deh...
eh ini bukan silver biasa loh...ex pelat yg tiba2 ga jadi gara2 taro di luar hehehe

btw bluebase apaan sii??ga perna denger...
newbie coba berkomentar.
-kasus yg dibicarakan adalah pada arwana jenis kalimantan, bukan arwana brazil. kalo silver brazil mah udah dr sononya memang DE bro.
-bahan organik / mineral air, bisa jadi bermanfaat utk aro. Ibarat kita kurang vitamin A, apa yg terjadi? mata kita pasti tidak akan cemerlang & lama2 bisa minus. kalo berkelanjutan, mata bisa kering bahkan mungkin akan rusak/buta.
-mungkin bisa jadi, salah satu penyebab DE adalah kekurangan unsur hara. selain itu teknik posisi lampu & setting aq, serta penyajian pakan yg salah adalah penyebab yg utama. utk jenis2 aro kalimantan, atau yg serupa, misal SR, blue-base. maaf, sampai sekarang saya malah tidak percaya penyebabnya DE adalah faktor genetik. karena saya pernah dapat aro dg DE parah, kebetulan ukuran masih 20cm-an (jenis aro kalimantan), lalu saya threatment dg teknik posisi lampu & setting aq, serta penyajian pakan yg benar, akhirnya di ukuran 40-an, DE-nya bisa balik normal lagi.
arow is offline   Reply With Quote