Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (26407)
N1WAN
N1wanRed 189 (51715)
N1WAN
N1wanRed 185 (52526)
N1WAN
N1wanRed 184 (54578)
N1WAN
N1wanRed 190 (24181)
N1WAN
N1wanRed 188 (49480)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > LAIN-LAIN > Reptile-Tortoise
Register FAQ Members List Calendar Search Today's Posts Mark Forums Read

Reptile-Tortoise Reptile-Tortoise Forum

Reply
 
Thread Tools
Old 03-31-2008, 10:15 PM   #1
Buddy (4767)
NAC 096
 
Buddy's Avatar
 
Join Date: Feb 2005
Location: BALI
Posts: 2,119
Default Ask: Lampu

mo tanya, unt sulcata, lampu nya di on 24 jam??? sekarang cuma di on malem aja... pake lampu khusus ato bhlam biasa aja???
Buddy is offline   Reply With Quote
Old 03-31-2008, 10:16 PM   #2
Buddy (4767)
NAC 096
 
Buddy's Avatar
 
Join Date: Feb 2005
Location: BALI
Posts: 2,119
Default Re: Ask: Lampu

sampai ukuran berapa perlu diisi lampu??sampai gede??
Buddy is offline   Reply With Quote
Old 04-03-2008, 09:54 AM   #3
arajuku (49)
NAC MEMBER
 
arajuku's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: medan
Posts: 49
Default Re: Ask: Lampu

kalo ogut sih on terus.. paling mati kalo PLN padam kan listrik (masalah sehari2 sampai sekarang di medan) ada baiknya di hidupkan aja terus apalagi kalo pas cuaca ga tentu kayak sekarang ini yang kadang hujan, biar hangat terus ya di hidupin aja..

tapi yg paling penting cahaya matahari lo biar cm 15 menit dijemur juga perlu.. sering dijemur aja.. pasti sehat n pertumbuhan nya bakal optimal.. karena berjemur penting untuk proses penernaan ma pertumbuhan tulang yang baik.. (pls di ralat kalo ada yg salah2 ya).

moga sehat terus sulci nya...
arajuku is offline   Reply With Quote
Old 04-03-2008, 08:32 PM   #4
Buddy (4767)
NAC 096
 
Buddy's Avatar
 
Join Date: Feb 2005
Location: BALI
Posts: 2,119
Default Re: Ask: Lampu

thx info nya bro
Buddy is offline   Reply With Quote
Old 04-03-2008, 08:59 PM   #5
dindy (278)
NAC MEMBER
 
dindy's Avatar
 
Join Date: Jan 2007
Location: bekasi
Posts: 166
Default Re: Ask: Lampu

Benar sekali kta Bro Arajuku,
klo gw sehhh pas pagi aja pas mau berangkat ke kantor jam 06 an baru lampu dinyalain, nah pas pulang kantor baru dimatikan. Itu berlaku untuk cuaca normal tidak hujan terus menerus. Kecuali jika kondisi musim hujan baru lampu 24 jam dihidupkan karena Sulcata atau kura2x darat lainnya butuh kondisi cuaca yg tidak lembab alias kering.

Oh iya biasanya secara otomatis Sulcata akan berada di bawah lampu UVB jika dia membutuhkan, namun dia akan pergi menjauhi lampu UVB jika dia tidak membutuhkan. Satu lagi Bro Buddy, jika ada sediakan hiding place karena Sulcata senang sekali berada di bawah hiding place.

Untuk lampu banyak koq produk dari Exo Terra khusus untuk reptil atau tortoise. Semoga membantu & maaf jika informasinya yg diberikan kurang tepat krn gw jga masi' belajar neh....

cheers
-dd-
dindy is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 09:51 AM   #6
Owen.S (1664)
NAC 077
 
Owen.S's Avatar
 
Join Date: Dec 2005
Location: Jakarta
Posts: 1,315
Default Re: Ask: Lampu

Pake lampu Philips aja bro Buddy, yg spotone, 25w atau 40w, tergantung jarak lampu ke kandangnya. Nyala 24jam, biar hangat. Tapi sorotan lampu ditujukan ke satu titik aja, misalkan ke pojok belakang atau depan, jadi masih ada tempat ademnya biar gak selalu panas.
Yg sangat penting tuh harus rajin dijemur, seperti yg bro arajuku bicarakan, biar pencernaan and pertumbuhan berjalan baik.
Cheers.
__________________
http://www.indogecko.com
Owen.S is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 10:16 AM   #7
TJHOEA (5763)
NAC MEMBER
 
TJHOEA's Avatar
 
Join Date: Dec 2006
Location: karawang
Posts: 3,732
Default Re: Ask: Lampu

Quote:
Originally Posted by Owen.S View Post
Pake lampu Philips aja bro Buddy, yg spotone, 25w atau 40w, tergantung jarak lampu ke kandangnya. Nyala 24jam, biar hangat. Tapi sorotan lampu ditujukan ke satu titik aja, misalkan ke pojok belakang atau depan, jadi masih ada tempat ademnya biar gak selalu panas.
Yg sangat penting tuh harus rajin dijemur, seperti yg bro arajuku bicarakan, biar pencernaan and pertumbuhan berjalan baik.
Cheers.
bro kalau pas jemur boleh ngak kalau ga ada airnya
sekarang g pakai lampu 15w buat ikan punya bleh ngak?atau mesti lampu buat kura2?
terus td saya lepas ditaman(sambil jemur) dia makan rumput boleh ngak tuh?
TJHOEA is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 10:29 AM   #8
SZI (471)
NAC MEMBER
 
SZI's Avatar
 
Join Date: Feb 2006
Location: Jakarta
Posts: 443
Default Re: Ask: Lampu

tergantung ukuran kuranya menurut gue.
kalo masih kecil, lebih rentan. kalo kedinginan ntar sakit, jadi mungkin utk amannya dikasi lampu. apalagi kalo istar.
gue dulu istarku ukuran 6-7cm, kasi lampu n heater waktu malam. sekarang dah 13-15cm, cuwek aja taruh di halaman. gak pernah pake lampu lagi.
SZI is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 11:44 AM   #9
Buddy (4767)
NAC 096
 
Buddy's Avatar
 
Join Date: Feb 2005
Location: BALI
Posts: 2,119
Default Re: Ask: Lampu

si etna dirumah kalo di kasi lampu, tidur aja kerjanya...mungkin hangat kali (ato bekas di tempat Oewn tidr pake lampu), jadi kena hangat lampu, mata lagsung merem he he he he... makan sekarang sedang diketatkan...kasi makan rumput dan kembanga sepatu aja...
kalo sulcata, kn menurut literature, bs ngak makan sampai berbulan2 di alam, kalo di kandang, bisa ngak makan sampe brapa lama???
Buddy is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 01:16 PM   #10
Owen.S (1664)
NAC 077
 
Owen.S's Avatar
 
Join Date: Dec 2005
Location: Jakarta
Posts: 1,315
Default Re: Ask: Lampu

Quote:
Originally Posted by TJHOEA View Post
bro kalau pas jemur boleh ngak kalau ga ada airnya
sekarang g pakai lampu 15w buat ikan punya bleh ngak?atau mesti lampu buat kura2?
terus td saya lepas ditaman(sambil jemur) dia makan rumput boleh ngak tuh?
Harus pake air bro, kalo enggak nanti dehidrasi. Kalo waktu makan kena matahari sih gak apa, asal jangan kelamaan.
Pake lampu ikan 15w tuh yg neon ya? Gak bisa bro, itu tidak menghasilkan panas. Harus berupa bolam, dan disorot ke satu titik aja.
Kalo dilepas di taman gak apa kok, makan rumput malah bagus, asal bebas pestisida aja.
Cheers.
__________________
http://www.indogecko.com
Owen.S is offline   Reply With Quote
Old 04-04-2008, 01:20 PM   #11
Owen.S (1664)
NAC 077
 
Owen.S's Avatar
 
Join Date: Dec 2005
Location: Jakarta
Posts: 1,315
Default Re: Ask: Lampu

Quote:
Originally Posted by Buddy View Post
si etna dirumah kalo di kasi lampu, tidur aja kerjanya...mungkin hangat kali (ato bekas di tempat Oewn tidr pake lampu), jadi kena hangat lampu, mata lagsung merem he he he he... makan sekarang sedang diketatkan...kasi makan rumput dan kembanga sepatu aja...
kalo sulcata, kn menurut literature, bs ngak makan sampai berbulan2 di alam, kalo di kandang, bisa ngak makan sampe brapa lama???
Biar aja bro, kasih lampu, biar hangat. Dia tidur mungkin kekenyangan. Tapi normal kok, kan masih kecil. nanti kalo udah diatas 10cm baru aktif banget deh.
Kalo masalah gak makan sih itu berlaku untuk kura gede kali ya di alamnya. Memang di alam aslinya torto tuh jarang makan, dengan kata lain opportunis makannya. Maka dari itu jarang tangkapan alam itu yg pyramiding karena diet yg sangat ketat.
Cheers.
__________________
http://www.indogecko.com
Owen.S is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 07:37 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2024, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com