Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (32930)
N1WAN
N1wanRed 189 (58599)
N1WAN
N1wanRed 185 (57671)
N1WAN
N1wanRed 184 (60082)
N1WAN
N1wanRed 190 (30386)
N1WAN
N1wanRed 188 (53916)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > Penyakit, pencegahan & pengobatan
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Penyakit, pencegahan & pengobatan Masalah seputar penyakit aro, mengenali indikasinya, pencegahan dan pengobatannya

Reply
 
Thread Tools
Old 07-18-2006, 02:18 PM   #1
Ajie F (1499)
NAC 006
 
Join Date: Aug 2004
Posts: 1,129
Default Sirip dan Ekor Berjamur

Satu lagi masalah jamur yg bikin pusing , sudah 2 minggu ini RTG ku berjamur di sirip dan ekornya , mula mula hanya sedikit putih , lama lama ngeblok hampir satu ekor penuh ( seperti Kapur Putih , kayaknya rontok juga tuh ekornya ( liat poto ) , sudah saya treat pake Acriflavin gak mempan terus ganti methyline Blue + garam udah satu minggu , belum juga sembuh , mohon pencerahan rekan rekan ,mungkin ada yg pernah terkena tau berhasil mengatasi , saya sertakan Potonya , cuman gak bagus fotonya , soalnya ikannya gak mau di poto ( malu kayaknya )

salam

Ajie F
Ajie F is offline   Reply With Quote
Old 07-18-2006, 03:02 PM   #2
koem-koem (3412)
NAC 045
 
koem-koem's Avatar
 
Join Date: Oct 2005
Location: Medan - Serpong PP
Posts: 2,439
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Ini sekedar saran bukan solusi loh .... !
Kalo diobatin gak mau juga bgmn kalo dipotong/digunting ekornya kayak saat demo di pertemuan kemarin kan ente udah gape wak ? he... he... he...

Horas,
koem-koem
Aromania Medan
koem-koem is offline   Reply With Quote
Old 07-18-2006, 05:58 PM   #3
kino (976)
NAC 016
 
kino's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Location: freeyork
Posts: 522
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

saya klo obatin jamur pake amoxan yg 500 mg/125L,sebelumnya ganti air dulu,besoknya kuras 50% .klo parah bisa 2/3 hari baru ilang.biasanya klo pake obat ikan suka tdk mau makan tapi amoxan tdk mengganggu selera makan ikan saya sich gak tau ikan yg lainnya.
kino is offline   Reply With Quote
Old 07-18-2006, 06:35 PM   #4
hendri (1713)
NAC MEMBER
 
hendri's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: Jakarta Barat
Posts: 1,282
Medic Re: Sirip dan Ekor Berjamur

saya juga pernah kena kasus serupa tapi di badan.. 2-3 sisik sampe terangkat dalam 1 hari saja sudah nyebar nya cepat..

aku seh simple aja.. pake garam dapur yang 'banyak' sampe airnya dicicipi sampe asin hehe.. heater 32C.

ya hitungan berat garamnya pake KG lah.. jangan pake berapa sendok

udah itu jamurnya langsung lenyap...

jamur yang aku temuin malah makan sisik punya.. sampe dompel begitu sisiknya..
hendri is offline   Reply With Quote
Old 07-19-2006, 08:36 AM   #5
Wang_sen (948)
NAC 044
 
Wang_sen's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Location: Jakarta
Posts: 755
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Quote:
Originally Posted by hendri
saya juga pernah kena kasus serupa tapi di badan.. 2-3 sisik sampe terangkat dalam 1 hari saja sudah nyebar nya cepat..

aku seh simple aja.. pake garam dapur yang 'banyak' sampe airnya dicicipi sampe asin hehe.. heater 32C.

ya hitungan berat garamnya pake KG lah.. jangan pake berapa sendok

udah itu jamurnya langsung lenyap...

jamur yang aku temuin malah makan sisik punya.. sampe dompel begitu sisiknya..
Dikasih garam dapur sebanyak itu, apa Aro-nya gak teler?
Wang_sen is offline   Reply With Quote
Old 07-19-2006, 04:45 PM   #6
amkri (2076)
NAC 115
 
amkri's Avatar
 
Join Date: Aug 2005
Location: East Jakarta
Posts: 1,277
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

kayaknya info bro hendri sama spt info dari nanang di Mabes ke saya pak Ajie.........Jardini saya kena penyakit mirip yang diungkap bro Otjong...........lemes....kaya k kegatelan trus nafsu makan ilang........belakangan ketaun dia kena White Spot

awalnya sy treatment pake acryflavin gak mempan........pake garam..........gak mempan.......methilene blue gak mempan.................akhirny a dititip ke Mabes.............cuma dikasih heater+garam..........cuma karena luka terpaksa pake OF.......

sy pake acryflavyn karena sebelumnya tocker untuk maskoki di rumah.........ganti air separuh trus kasih acryflavin sembuh deh..........tapi gak bisa dipake untuk aro.........
amkri is offline   Reply With Quote
Old 07-23-2006, 02:49 AM   #7
x_ris (83)
NAC 021
 
x_ris's Avatar
 
Join Date: Jan 2005
Location: tangerang
Posts: 82
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

sudah coba pakai pomate bos...?
x_ris is offline   Reply With Quote
Old 07-23-2006, 06:25 AM   #8
hendri (1713)
NAC MEMBER
 
hendri's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: Jakarta Barat
Posts: 1,282
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Quote:
Originally Posted by Wang_sen
Dikasih garam dapur sebanyak itu, apa Aro-nya gak teler?

ga tuh b iasa aja..
hendri is offline   Reply With Quote
Old 07-23-2006, 04:24 PM   #9
azura (5486)
NAC 029
 
azura's Avatar
 
Join Date: Sep 2004
Location: KGP
Posts: 4,230
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

coba pake obat interpet no.8 ato 9 gitu .... yg khusus buat jamur
__________________

azura is offline   Reply With Quote
Old 07-23-2006, 05:46 PM   #10
cung (466)
NAC 011
 
cung's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: Sky
Posts: 404
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Quote:
Originally Posted by hendri
saya juga pernah kena kasus serupa tapi di badan.. 2-3 sisik sampe terangkat dalam 1 hari saja sudah nyebar nya cepat..

aku seh simple aja.. pake garam dapur yang 'banyak' sampe airnya dicicipi sampe asin hehe.. heater 32C.

ya hitungan berat garamnya pake KG lah.. jangan pake berapa sendok

udah itu jamurnya langsung lenyap...

jamur yang aku temuin malah makan sisik punya.. sampe dompel begitu sisiknya..
Hendri,

pakai garam dapur bener ngak papa?
sampai sekarang aku tahunya garam ikan.

salam,
cung
__________________
Prada
cung is offline   Reply With Quote
Old 07-24-2006, 05:58 AM   #11
JD Winata (10903)
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Cara garam tsb sebenarnya bisa efektif membunuh fungus sampai parasit kecil sekalipun,namun bukan cara yg terbaik krn pada dasarnya dalam kondisi salinitas yg begitu tinggi ,beberapa macam organisme akan mati (tapi tidak semua lho),namun efeknya beberapa jenis sel pigment dan metabolisme ikan akan terganggu.
Cara yg benar kalo mau dgn main garam adalah kurangi jumlah air sampai sisa 30%lalu tambahkan garam konsentrat tinggi sekali ,namun hanya dalam hitungan maximal 1jam saja , kemudian langsung tambah air lagi ke 100% dan buang lagi 50%nya lalu tambahkan lagi air segar hingga 100%. Jangan aronya dibiarkan aja terus di air ber salinitas tinggi , ikan memang gak mati , LuoHan aja lu taruh di air laut sebulan gak mati ,cuma warna merahnya ilang cuma tinggal mutiaranya doang.
Suhu rendah memicu inkubasi jamur utk cepat berkembang biak ,demikian juga pH rendah dan ammonia tinggi.
Kalo aro saya kena jamur biasanya pake Amoxiciline dosis 500mg per 100ltr air plus methylene blue dan bantu sterilkan air dgn UV sterilizer dan Ozone generator utk basmi spora jamur di air. Biasanya stlh kena obat ini aro akan pucat 4-7hari sbg reaksi pigmen atas antibiotik. Setelah sembuh lsg ganti air 50% dgn air baru dan taruh norit utk netralisir sisa obat di air. Kmaren pun FW jamuran satu badan (body fungus) kayak selaput krn suhu dah dingin banget, abis selesai kunjungan baru ditreat dosis keras dan skrg jaga suhu pake lampu2 tambahan.
JD Winata is offline   Reply With Quote
Old 07-24-2006, 06:01 AM   #12
hendri (1713)
NAC MEMBER
 
hendri's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: Jakarta Barat
Posts: 1,282
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Quote:
Originally Posted by cung
Hendri,

pakai garam dapur bener ngak papa?
sampai sekarang aku tahunya garam ikan.

salam,
cung
ga papa.. aku sudah sering pakai kok.. hitungan kg.
hendri is offline   Reply With Quote
Old 07-24-2006, 03:06 PM   #13
Edge (52)
 
Join Date: Dec 2005
Location: Bogor
Posts: 9
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

Saya pernah mengalami hal serupa pada salah satu SR saya. Karena obat-obatan dan garam sudah nggak mempan lalu saya akalin pakai serok ikan yang agak besar (lebih panjang dari panjang ikan) dan kainnya halus. Dengan hari-hati saya serok ikan dari depan. USAHAKAN SIRIP IKAN TIDAK TERTEKUK !! Lalu serok saya angkat ke permukaan air sambil ditutup tangan supaya ikannya nggak loncat keluar. Ikan akan sedikit berontak, menggesekkan badan, sirip dan ekornya di kain serok. Setelah yakin semua jamur yang nempel rontok lalu lepaskan ikan ke aquarium. Biarkan sesaat supaya ikan tidak terengah-engah lagi. Begitu ikan tenang, matikan mesin pompa dan sedot kotoran (beserta jamur yang rontok) sampai air akuarium tinggal separoh. Isi kembali dengan air segar dan kasi garam ikan dan set heater pada 32 C. Besoknya ikan akan segar kembali. Selang 2 harinya sekali lagi ganti air separuhnya (sambil nyedot kotoran) dan tambahkan garam ikan secukupnya dan set heater 28-30 C. Selesai dan selamat mencoba.
Edge is offline   Reply With Quote
Old 07-24-2006, 06:53 PM   #14
hendri (1713)
NAC MEMBER
 
hendri's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: Jakarta Barat
Posts: 1,282
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

ngeri juga, apa ga sebaiknya dibius dulu ?
hendri is offline   Reply With Quote
Old 07-25-2006, 10:07 AM   #15
Mal_Kutu (57)
NAC MEMBER
 
Join Date: Mar 2005
Location: Jakarta
Posts: 32
Default Re: Sirip dan Ekor Berjamur

saya juga sedang bermasalah dengan jamur/bakteri di ekor, jadi bikin aro jadi gatal2..ekor jd rusak karena digigitin. saya pake amoxilin 500 mg 1/2 tablet, tapi air jgn kasih pomate, kasih garam aja ma heater 32 drjt...malah skrg 34 derajat karena pake lampu 12 jam..ikan ga papa tuh, biasanya renang agresif krn gatal, skrg jd tenang, makan juga mau walau dikit, n ekor udah terlihat ada penyembuhan......
Mal_Kutu is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:29 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com