Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > General Arwana Forum
Register FAQ Members List Calendar Search Today's Posts Mark Forums Read

General Arwana Forum Diskusi masalah-masalah arwana pada umumnya

Reply
 
Thread Tools
Old 08-07-2008, 02:24 PM   #1
tanto (531)
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

.......................
tanto is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 09:23 AM   #2
SatoeGairah (561)
NAC MEMBER
 
SatoeGairah's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Bandung
Posts: 553
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

infonya bagus skali, pak, berguna sangat bagi noob2 spt saya.

yg saya tanyakan mengapa air aqua, buat aro 15cm cukup +/- 30cm-an?
untuk bg SR apakah lbh bagus hitam ato biru?
untuk lampu, apakah lebih baik lampu atas ato lampu underwater?

thanx pak!
SatoeGairah is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 09:26 AM   #3
erle (3427)
NAC MEMBER
 
erle's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: cibubur
Posts: 2,893
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by SatoeGairah View Post
infonya bagus skali, pak, berguna sangat bagi noob2 spt saya.

yg saya tanyakan mengapa air aqua, buat aro 15cm cukup +/- 30cm-an?
untuk bg SR apakah lbh bagus hitam ato biru?
untuk lampu, apakah lebih baik lampu atas ato lampu underwater?

thanx pak!
kalo bg tergantung selera masing" Bro, untuk bg SR biasa nya biru or hitam..
erle is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 09:37 AM   #4
SatoeGairah (561)
NAC MEMBER
 
SatoeGairah's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Bandung
Posts: 553
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by erle View Post
kalo bg tergantung selera masing" Bro, untuk bg SR biasa nya biru or hitam..
kmrn nyari yg itemnya, ukurannya kurang tinggi
SatoeGairah is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 09:47 AM   #5
aroindah (581)
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by tanto View Post
mengigat pemahaman yang mungkin berbeda antara saya dengan yang lain jd beberapa bagian yang mungkin membingungkan telah dihapus ataupun diedit dan juga ada beberapa bagian yang ditambahkan sebagai pelengkap tip yang jauh dari lengkap ini, jadi harap maklum:

alow semua, ada yang pengen piara aro kualitas kontes inilah beberapa tips yang bisa dibagi2kan buat semua yang mungkin belum mengetahui dan ataupun bagi yang sudah mengetahui. semua yang di tulis dalam tips ini berdasarkan pengalaman pribadi,

memilih anakan aro terutama ukuran dibawah 15cm antara lain,
dari penampilan pilihlah aro yang berenangnya nyantai, aktif berenang keliling aqua, jangan pilih yang kalo didekati malah berenang terkesan "ketakutan" ataupun diam ataupun mojok biasanya aro seperti itu mentalnya lembek, yang utama kalo bisa cari aro yang kalo jari diletakkan di atas aqua maka aro ambil posisi siap terkam dengan kepala agak menengadah ke atas dan bagian ekor agak turun (posisi agak vertikal) atau cari aro yang kalo jari di tempel di kaca depan maka langsung mendekat atau bahkan mencaplok jari, aro seperti itu biasanya yang mentalnya mantap dan rakus.
postur kepala,
cari kepala aro yang relatif kecil meruncing dan nyendok tapi bukan asal cekung bentuk coakan aja, tapi cari yang coakannya agak maju kedepan ujung mulut semakin dalam semakin baik dan ujung bibir naik semakin tinggi semakin baik biasanya ciri seperti itu sangat gampang naik punggungnya (bukti lihat RTG PETAPA TURUN GUNUNG yang dijual kemaren)
mata,
pilih aro kalo bisa dengan ciri mata radial, kalo gak pilih yang mata normal tapi jangan sampai ada yang tenggelam dalam kelopak biarpun cuma sedikit karena kemungkinan turun sangat besar.dan yang utama jangan sampai mata lebih besar dari proporsi kepala dan bodi aro. cari aro yang matanya berwarna merah lebih diutamakan.
ekor dan sirip,
ciri utama aro fast grow atau tidak kunci utama lihat sirip dan ekornya,
cari aro dengan tepi ujung setiap sirip dan ekor harus ada sirip baru yang berwarna putih merata ke semua pinggiran ekor semakin lebar semakin baik(relatif) tapi minimal harus ada sirip baru berwarna putih, kalo gak ada sebaiknya lirik yang lain aja biasanya aro seperti itu lambat gede, gak rakus dan cendrung penakut.biasanya sirip baru berwarna putih akan terus ada sampai ukuran diatas 35cm sesuai fase pertumbuhan walaupun uda diatas 35cm biasanya muncul tapi sangat tipis walaupun juga biar aro lagi sedang puasa tetap ada, lebar tipis tergantung porsi makannya.
tentang filter,
uda pernah kunjung ke showroomnya bos n1wan? kalo uda lihatlah filternya di setiap aqua. adakah yang piara aro lihat filter aquanya kotor seperti filter kolam koi atau aqua maskoki? belum tentu bahkan cendrung gak ada.
aro bukan koi atau mas koki jadi pasang filter mahal dan canggih sia2 aja, kecuali buat yang anggaran melimpah n siap bayar iuran listrik tinggi.
poin utama piara aro adalah sesering mungkin ganti air itu aja,saya biasa ganti air minimal 3 hari sekali 30-50% biasanya tiap hari 25-30% tergantung perilaku aro.kalo makannya kurang greget ganti air biar air sebelumnya baru sehari dganti.adakah yang merasakan aro waktu selesai ganti air makannya bertambah rakus? pasti semua merasa begitu, itulah kuncinya GANTI AIR
tentang makanan aro,
ulat hongkong katanya bikin aro panas dalam atau angkat sisik atau ambeien. apakah ada yang piara aro ukuran 9 - 15cm dikasi ulat hongkong yang kulitnya uda berwarna kecoklatan hitam? pasti pada ragu2 jawabnya.
tiap aro yang saya piara ukuran dibawah 15cm selalu dikasi makan ulat hongkong + kombinasi udang pasar dan daging ikan mas.
kunci buat hilangin panas dalam atau cegah ambeien adalah ulat hongkong yang masi idup cuci bersih trus cemplungin ke freezer.tunggu sampai uda beku jangan yang baru dicuci kasi ke aro. kalo rajin untuk safetynya waktu kasi ke aro kepala ulat dibuang atau seengaknya di hancurin karena bahaya terbesar ulat bagi aro adalah kepalanya.saya dari awal piara aro sampai sekarang selalu kasi makan ulat hongkong buat ukuran dibawah 15, jerman buat diatas 15cm.gak pernah galamin "panas dalam" pada aro.ragu2 atas tulisan ini pengen bukti ,silahkan datang ke rumah saya lihatlah dlm freezer apa yang dibekuin.hehehehe.makanan utama terbaik untuk pertumbuhan aro adalah ulat,hongkong untuk aro kecil, jerman n kodok untuk diatas 15cm.
tentang makanan, yang laen adalah sebaiknya aro jangan dikasi makan zat2 kimia seperti hormon, zat perangsang warna dan konco2nya. usahakan semuanya natural karena setiap aro cepat atau lambat warna pasti keluar gak usa repot2 kasi pewarna kasihan aronya seperti manusia aja setiap orang pasti sebisa mungkin untuk menghindari zat kimia seperti pemanis, pewarna dll.kunci utama adalah sebisa mungkin cukup tiru habitat asli aro,cukup sediakan daun ketapang dan garam dalam pemeliharaan.bagi yang menggunakan air tanah sebaiknya ditambahin garam karena air tanah kemungkinan membawa bakteri atau jamur yang bisa memicu penyakit kalo air pam bisa ditambahkan bisa enggak tergantung masing2 karena air pam dari sononya uda steril dari jamur atau bakteri tinggal diendapkan buat hilangin klorin.
aro di habitat asli warnanya ngejreng2 apakah di alam aro makan zat kimia buat warna n pertumbuhan? jawabnya engak tapi kenapa warna tetap ok n pertumbuhan malahan lebih besar dari aro aquarium.
jadi kunci utama aturlah semaksimal mungkin kondisi air, makanan dan perawatan sedekat mungkin dengan kondisi, makanan dan perawatan alam terhadap aro.
penanganan strees,
aro stress wajar kalo empunya ikutan stress baru luar biasa.ada bermacam2 cara buat hilangin stressnya tergantung kondisi pemicu stress. pemicu stress aro ada beberapa antara lain kondisi air, kondisi aqua baru dan kondisi luar aqua yang menakutkan aro, kunci penghilangan stress aro adalah untuk membuat aro terbiasa dan secepatnya bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya baik dalam aqua ataupun kondisi luar aqua. kalo stress dari faktor luar aqua utamanya jangan tutup seluruh sisi kaca aqua karena kalo ditutup malah aro gak bisa mengenali lingkungan luar karena pandangan keluar tertutup. cara lebih baiknya adalah tutuplah sisi kaca depan aqua cuma dibagian bawah dan atas sisakan di bagian tengah.semisal kalo aqua tinggi 50 tinggi air 25, bagian bawah cukup tutup kira2 10cm dan bagian atas tutup sesuai selera, lebih bagus kalo tutup sampai permukaan air.saya beberapa kali terapkan cara tutup seluruh sisi aqua hasilnya percuma setelah tutup dibuka aro stress kembali seperti semula. kalo ada yang menerapkan cara tutup semua sisi ya sah2 saja apalagi kalo sukses dengan cara seperti itu gak ada masalah.bebas berkreasi....cuma dengan cara tutup semua sisi berapa lamakah aro akan normal dari stress ?????
kalo aro saya sendiri biasa kalo stress ada beberapa cara yang saya terapkan yaitu
ada aro yang setelah diganti aqua gedean berbackground super gelap, lampu nyala hanya waktu feeding langsung mojok diam seribu bahasa, penanganannya air jangan terlalu dalam cukup 20-25cm, ganti air 50% tiap hari ditambah daun ketapang pekat untuk hari 1 - 2.hari ke 3 kalo gak ada kemajuan backgound lantai aqua ganti yang berwarna cerah seperti putih atau biru.biasanya setelah itu pasti normal kembali kondisinya.
kedua yang saya alami aro kecil cemplung aqua gede background gelap, lampu nyala waktu feeding aja stress langsung kabur gak tentu arah n kebanyakan berenang nyeruduk kaca sampai sungut turun ke bawah gak lurus lagi atau malah diam di lantai aqua penanganannya kalo menunjukkan gejala seperti itu tambahkan powerhead lengkap dengan selang gelembung udara, setel supaya keluaran gelembung kecil2 aja dan jangan sampai gelembung yang keluar full, letakkan agak ke dasar aqua di sisi kiri atau kanan aqua agak ke bagian sudut belakang mengarah ke atas atur supaya arus menabrak sisi kaca depan aqua bagian tengah agak kepermukaan air. tunggu 3 hari biasanya hari ke 2 aro pasti uda mulai normal.


that's it


NB: semua yang ditulis diatas berdasarkan pengalaman pribadi jadi setiap aromania bebas untuk mengikuti ataupun mengabaikannya.
cara2 yang ditulis diatas bukan bersifat mutlak jadi masing2 sah2 saja py cara2 yang mungkin berbeda
semua isi dalam tulisan ini berdasarkan dan sudah di terapkan pada semua aro2 saya baik yang sedang ataupun yang sudah terjual
wah panjang..ntar disave dulu ke usb.
aroindah is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 09:53 AM   #6
legability (3139)
NAC MEMBER
 
legability's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: jakarta
Posts: 2,909
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

pak tanto, adakah solusi dalam pergantian air apabila si pemilik tidak cukup banyak memiliki waktu luang untuk mengganti air dan tidak memiliki cukup dana berlebih untuk mengupah jasa perawat aro? semisal pergantian air seminggu sekali sekitar 50%

ada mitos air yang tidak diganti akan membantu aro untuk memerahkan warna, benar ga ya pak?

thx untuk infonya
legability is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 11:25 AM   #7
tanto (531)
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by SatoeGairah View Post
infonya bagus skali, pak, berguna sangat bagi noob2 spt saya.

yg saya tanyakan mengapa air aqua, buat aro 15cm cukup +/- 30cm-an?
untuk bg SR apakah lbh bagus hitam ato biru?
untuk lampu, apakah lebih baik lampu atas ato lampu underwater?

thanx pak!

aro tergolong ikan yang hobinya main di posisi bagian atas jadi baik dalam atau tidaknya air gak terlalu berpengaruh untuk aro, yang terpenting, dari pada pusing mikirin tinggi air ideal akan jauh lebih baik pusing memikirkan gimana caranya supaya aqua aro bisa disediakan dengan selebar2nya semampu kita.
cukup atur idealnya saja misalnya untuk aro ukuran 15-20 dengan pertimbangan proporsi size aro dengan aqua kalo air dipatok sedalam 50cm misalnya pasti aqua akan terlihat "kosong" jadi baiknya air cukup setinggi 30an cm saja.
atau misalnya yang lain untuk aro sakit/stress kalo air terlalu dalam berapa banyak takaran obat yang harus dicemplungin ke aqua kalo dibandingkan dengan air yang proporsional dengan perhitungan dosis obat dengan volume air.belum lagi yang harus diingat adalah "pergantian air" bukannya sayang kalo air lebih banyak terbuang dengan sia2.
saya engak percaya kalo dibilang untuk aro kecil air jangan terlalu tinggi takut gelembung renang terganggu, selama ini baik anakan ataupun dewasa belum pernah sama sekali mengalami yang namanya nungging,walaupun dalam kondisi perut kenyang, tapi memang sering dijumpai kalo sehabis makan full biasanya anakan aro dibawah 12cm keliatannya kepala agak condong ke bawah tapi setelah perut agak kempes karena pencernaan pasti posisi kepala kembali normal.


untuk bg, tidak ada yang namanya bg ada yang terbaik atau terjelek untuk aro tapi lebih tergantung dari sifat aronya, kedua selera empunya.
kalo aro pengecut yang biasanya hidup dalam bg terang tiba2 ganti gelap pasti kalang kabut.begitu juga sebaliknya.
kedua selera.
ambil contoh jenis golden kalo ingin ring cepet naik baiknya bg terang tapi efeksampingnya warna bodi cendrung pucat.tapi kalo ingin warna bodi normal gak pucat bg gelap tapi efeksampingnya perkembangan ring lambat. jadi semua tergantung ke masing2 maunya seperti apa?

intinya kalo saya sendiri sebisa mungkin dari anakan aro uda dibiasakan dengan pertimbangan bg yang idealnya untuk warna aro sewaktu full grow,yaitu hitam baik untuk sr atau rtg.tapi kalo dalam keadaan gak memungkinkan misal kalo aro gamuk kalo dikasi bg gelap ya diakalin dengan kombinasi lantai dengan bg terang yang penting jauhkan aro dari kondisi gamuk/stress biar gak terganggu makannya yang ujungnya adalah pertumbuhan gak terganggu hanya karena bg.
inti pilih bg adalah sesuaikan dengan selera dan kondisi aro.

masalah lampu,
buat saya lampu atas the bestnya karena apa, simpel aja pandangan ke aro gak terganggu, diliat dari segi keindahan juga ok gak terkesan berantakan,misal lampu ditempatkan di kaca depan aqua, saya gak mau pemandangan saya atas aro jadi terbatas hanya karena lampu yang menutupi kaca aqua.
ada pendapat yang menyatakan lampu under water bisa mengobati DE, atau lampu atas bisa menyebabkan DE.silahkan sesuaikan dengan pertimbangan masing2.
buat saya sendiri, malahan lantai aqua sebisa mungkin harus bersih dari hal2 yang bisa menjadi pemicu aro selalu memandang ke bawah,makanya salah satu fungsi bg pada bagian bawah kaca depan adalah untuk menghindarkan sinar dari bagian luar aqua memancar ke lantai aqua yang berakhir dengan "silau pada bagian lantai".
cara yang paling ideal untuk DE menurut pengalaman saya dari pada dengan lampu under water lebih baik dengan menganti bg lantai dengan warna putih terang.karena apa pikirkan misalnya aro DE pada sebelah kiri aja, kanan normal, trus kalo berpatokan pada lampu under water bisamengobati DE, dimanakan posisi ideal lampu pada lantai aqua, kalo misalnya di bagian lantai bagian depan aqua, bagaimana dengan bagian lainnya, bukannya aro semata2 bukan hanya memandang pada bagian lantai depan saja, bagaimana dengan bagian sisi kiri, kanan dan belakangnya.jauh lebih bagus manakan dengan menganti lantai aqua dengan bg putih secara keseluruhan dengan ditambahkan dengan sorotan lampu dari atas.
kalo menurut saya sendiri posisi atas tepi jauh lebih baik, baik dari segi pandang, dan dari segi kesehatan aro.(tirulah lampu alami pada habitat alami aro, adakah matahari yang terbit dari bawah memancar ke atas?)
tanto is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 11:50 AM   #8
tanto (531)
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by legability View Post
pak tanto, adakah solusi dalam pergantian air apabila si pemilik tidak cukup banyak memiliki waktu luang untuk mengganti air dan tidak memiliki cukup dana berlebih untuk mengupah jasa perawat aro? semisal pergantian air seminggu sekali sekitar 50%

ada mitos air yang tidak diganti akan membantu aro untuk memerahkan warna, benar ga ya pak?

thx untuk infonya

ini adalah masalah mendasar bagi hobiis aro dengan waktu sangat terbatas juga pernah ditanyakan oleh empunya sr dijual atas nama asiak pada thread jual beli.
saya jawabnya ke dia simple aja
adakah dana lebih untuk mengatasinya?
kalo ada invest ke pengganti air otomatis. tapi gak murah dulu temen saya sendiri invest ke kolam koi serba otomatis, habislah dana 7 digit. tenang untuk aro gak sampe 7 digit, cukup timer, pompa dan penampung air.cukup maen ke timernya

gak ada dana lebih.
solusinya, ganti makanan aro dengan yang tidak mengandung protein terlalu tinggi.
jangkrik, belalang sangat bagus dalam hal ini dan jangan terlalu banyak porsinya.
kalo misal dalam kondisi mau tinggal aro untuk liburan, lebih baik puasakan aro sekalian.
jangan coba2 air jarang ganti atau diatas 1 minggu sekali dengan pondisi porsi makan full dan makanan mengandung lemak dan protein tinggi seperti ulat.pernah kejadian 2 kali sama tuh sr yang mau dijual, pertama mata langsung berkabut nafsu makan hilang sampai 3 minggu, yang kedua kalinya pada bodi belakang aro dihinggapi jamur putih pada sisik, yang hampir jadi korengan.

"ada mitos air yang tidak diganti akan membantu aro untuk memerahkan warna, benar ga ya pak?" mitos sumber dari manakah ini apakah ada buktinya?
coba pikirkan kondisi ini : misal kita sendiri aja tinggal dalam 1 ruangan yang serba tertutup.pikirkan akan seperti apa rasanya kondisi ruangan baik udaranya, ataupun kondisi lainnya dalam beberapa hari kemudian. apa yang dirasakan, pasti pengap, gerah, dan mungkin bau2 lainnya.
begitu juga dengan aro kurang lebihnya.
bagaimana mau memerahkan kalo aronya aja gak dalam kondisi fit 100%, yang uda fit 100% aja belum tentu merah.....

pelihara aro sebenarnya gampang kuncinya logisnya aja, umpamakan aro sama seperti kita2 juga yang sama2 hidup, kondisi apa yang kita butuhkan kurang lebihnya sama dengan aro butuhkan,tapi tentunya sesuaikan dengan kodratnya....
tanto is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 12:12 PM   #9
erwin aja (6614)
NAC MEMBER
 
erwin aja's Avatar
 
Join Date: May 2007
Location: Pondokan tercinta
Posts: 6,415
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

hmmmmm... save lagi...
erwin aja is offline   Reply With Quote
Old 08-19-2008, 10:16 PM   #10
legability (3139)
NAC MEMBER
 
legability's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: jakarta
Posts: 2,909
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by tanto View Post
ini adalah masalah mendasar bagi hobiis aro dengan waktu sangat terbatas juga pernah ditanyakan oleh empunya sr dijual atas nama asiak pada thread jual beli.
saya jawabnya ke dia simple aja
adakah dana lebih untuk mengatasinya?
kalo ada invest ke pengganti air otomatis. tapi gak murah dulu temen saya sendiri invest ke kolam koi serba otomatis, habislah dana 7 digit. tenang untuk aro gak sampe 7 digit, cukup timer, pompa dan penampung air.cukup maen ke timernya

gak ada dana lebih.
solusinya, ganti makanan aro dengan yang tidak mengandung protein terlalu tinggi.
jangkrik, belalang sangat bagus dalam hal ini dan jangan terlalu banyak porsinya.
kalo misal dalam kondisi mau tinggal aro untuk liburan, lebih baik puasakan aro sekalian.
jangan coba2 air jarang ganti atau diatas 1 minggu sekali dengan pondisi porsi makan full dan makanan mengandung lemak dan protein tinggi seperti ulat.pernah kejadian 2 kali sama tuh sr yang mau dijual, pertama mata langsung berkabut nafsu makan hilang sampai 3 minggu, yang kedua kalinya pada bodi belakang aro dihinggapi jamur putih pada sisik, yang hampir jadi korengan.

"ada mitos air yang tidak diganti akan membantu aro untuk memerahkan warna, benar ga ya pak?" mitos sumber dari manakah ini apakah ada buktinya?
coba pikirkan kondisi ini : misal kita sendiri aja tinggal dalam 1 ruangan yang serba tertutup.pikirkan akan seperti apa rasanya kondisi ruangan baik udaranya, ataupun kondisi lainnya dalam beberapa hari kemudian. apa yang dirasakan, pasti pengap, gerah, dan mungkin bau2 lainnya.
begitu juga dengan aro kurang lebihnya.
bagaimana mau memerahkan kalo aronya aja gak dalam kondisi fit 100%, yang uda fit 100% aja belum tentu merah.....

pelihara aro sebenarnya gampang kuncinya logisnya aja, umpamakan aro sama seperti kita2 juga yang sama2 hidup, kondisi apa yang kita butuhkan kurang lebihnya sama dengan aro butuhkan,tapi tentunya sesuaikan dengan kodratnya....


terima kasih buat masukannya pak tanto

oh y, apakah masi ada d buku catetan bapak mengenai cara menebalkan body aro biar sama kualitasnya seperti dipelihara di palud?

terus ... bagaimanakah caranya menstabilkan kembali bagian ekor dan sirip yg terlihat tidak proporsional akibat aro terlalu gemuk selain dengan cara diet?

n then, last but not least, itu aquarium yg bapak mao jual apa kacanya ga ketipisan ya, uda d pake brp lama? blom ada masalah brarti dengan ukuran sedemikian dengan ketebalan spt itu?

thx
legability is offline   Reply With Quote
Old 08-20-2008, 11:17 AM   #11
h4di (3915)
NAC MEMBER
 
h4di's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Cibubur
Posts: 3,324
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by legability View Post
terima kasih buat masukannya pak tanto

oh y, apakah masi ada d buku catetan bapak mengenai cara menebalkan body aro biar sama kualitasnya seperti dipelihara di palud?

terus ... bagaimanakah caranya menstabilkan kembali bagian ekor dan sirip yg terlihat tidak proporsional akibat aro terlalu gemuk selain dengan cara diet?

n then, last but not least, itu aquarium yg bapak mao jual apa kacanya ga ketipisan ya, uda d pake brp lama? blom ada masalah brarti dengan ukuran sedemikian dengan ketebalan spt itu?

thx
Sorry bru, nanya-nya satu2 aja khan jd lama nulis-nya, ijin pak tanto kalo butuh tukang ketik saya siap ngetiknya , trims
h4di is offline   Reply With Quote
Old 08-20-2008, 11:28 AM   #12
tanto (531)
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by legability View Post
terima kasih buat masukannya pak tanto

oh y, apakah masi ada d buku catetan bapak mengenai cara menebalkan body aro biar sama kualitasnya seperti dipelihara di palud?

terus ... bagaimanakah caranya menstabilkan kembali bagian ekor dan sirip yg terlihat tidak proporsional akibat aro terlalu gemuk selain dengan cara diet?

n then, last but not least, itu aquarium yg bapak mao jual apa kacanya ga ketipisan ya, uda d pake brp lama? blom ada masalah brarti dengan ukuran sedemikian dengan ketebalan spt itu?

thx
Quote:
Originally Posted by legability View Post
terima kasih buat masukannya pak tanto

oh y, apakah masi ada d buku catetan bapak mengenai cara menebalkan body aro biar sama kualitasnya seperti dipelihara di palud?

terus ... bagaimanakah caranya menstabilkan kembali bagian ekor dan sirip yg terlihat tidak proporsional akibat aro terlalu gemuk selain dengan cara diet?

n then, last but not least, itu aquarium yg bapak mao jual apa kacanya ga ketipisan ya, uda d pake brp lama? blom ada masalah brarti dengan ukuran sedemikian dengan ketebalan spt itu?

thx

hahaha, saya paling seneng kalo ditanya yang menantang pengalaman bagi saya seperti ini........

sebelumnya saya katakan bahwa semua tulisan dari awal sampai akhir yang pernah di postkan itu sebenernya sangat berkaitan erat antara 1 bagian ke bagian lainnya....jadi harusnya jangan fokuskan pada 1 bagian tertentu tapi fokuskan secara keseluruhan tulisan, pasti bisa disadari sendiri deh korelasinya....

seperti kalo ditanya cara menebalkan bodi
oya pertama saya bilang pernah saya mintakan perdapat bosnya joglo dan perdapat2 yang pernah maen ke kontes untuk melihat aro saya di palud, secara mengejutkan ternyata semua pada protes ke bodi yang terlalu bongsor, katanya dari pada ikut kontes kecantikan aro jauh lebih cocok ikutan kontes sumo khusus aro, jadi sekarang untuk bodi gak terlalu digeber lagi.
dalam urusan tebal menebal bodi aro sebenernya paling gampang untuk aro sr yang rata2nya pasti tebal tuh bodi apalagi bila aro uda punya umur,kalo sr bodi lontong berarti ada 2 kemungkinan, salah rawat atau salah pilih aro.
dan ada hal2 yang berkaitan erat yang harus ada dari aro kalo ingin bodi super tebal/bongsor.
seperti tulisan sebelumnya dari anakan mutlakkan untuk cari aro jangan asal nyendok berbentuk cekungan aja, cari yang ujung kepalanya juga naik keatas, semakin dalam cekungan yang posisi agak ke depan/ujung kepala dan semakin tinggi ujung kepala naik semakin bagus, karena apa , inilah pondasi untuk menaikkan punggung aro gedenya...(syarat ini harus mutlak ada)
kedua, mental aro harus ok jadi seperti dalam tulisan kemaren cari anakan aro jangan yang bermental tempe,...karena apa, karena mental sangat berpengaruh terhadap nafsu makan aro, kalo aro makan ogah2an bagimana mau bongsor iya gak?....jadi cari yang nafsu makan gede. seperti dalam tulisan kemaren juga,cirinya lihat ujung sirip kalo gak ada sirip baru berwarna putih, pasti tuh aro lambat tumbuh, makan mau gak mau, dan kadang2 juga mental tempe...

kalo syarat diatas uda terpenuhi selanjutnya gampang....
lupakan dulu urusan warna , karena belum waktunya, kejar size dulu kalo aro dalam masa tumbuh setelah lewat masa tumbuh baru warna....
sediakan aqua ukuran seluas2nya semampu kita...
usahakan aro jauh dari stress
usahakan aro dalam kondisi sehat(dengan merawat air aqua)
sediakan makanan yang mengandung protein dan lemak tinggi.

kalo saya sendiri selama ini makanan terbaik seperti dalam tulisan kemaren adalah ulat,ulat dan ulat + kombinasi daging ikan/udang + kodok untuk aro gede.
atur makan porsinya ulat 80% sisanya dibagi2 antara ikan dan udang untuk aro anakan aro gede tambahkan kodok dalam menu....
dalam masa pertumbuhan aro usahakan menu yang disajikan seperti diatas
dan juga jam makan aro kalo saya sendiri biasanya pagi 60% kapasitas perut aro dan malam full kapasitas(sampe aro nolak nyantap)...biasanya tergantung aro masing2 ada aro yang total makannya lebih banyak dari aro lainnya.tinggal disesuaikan aja dengan aro kitanya kalo malam biasanya full trus pagi ogah2an dan perut masi gede, ganti porsi menu menjadi pagi kasi ulat 20% + daging ikan 80% malam ikan 20% ulat 80%.

air, usahakan ganti air sesering dan serutin mungkin, walaupun aro uda memenuhi syarat diatas dan nafsu makan seperti tong sampah kalo air jelek semua jadi sia2, pasti berdampak pada nafsu makan.

akhirnya kalo semua uda dilaksanakan, lihat aja hasilnya.....tapi tentunya pasti ada perbedaan antara tinggal di palud dengan aqua,

untuk masalah proporsional sirip, ekor dengan bodi....
masalah ini sebenernya uda terisyaratkan dalam tulisan2 kemaren, tinggal tarik benang merahnya....
intinya pada aro waktu masih anakan....kalo uda dewasa gak ada yang bisa dilakukan...
maka dari itu saya bilang aro kecil gampang diarahkan mau kemana dan seperti apa gedenya.kalo aro uda gede dan berumur apa yang bisa diandalkan, apa yang bisa dilakukan?....kalo saya sendiri, saya malah mengabaikan aro biar sebagus apapun, semerah apapun kaloooo aro uda gede dan sudah py umur.bagi saya wajar tapi kalo aro masi remaja umur juga masi bau kencur, cakep malah membanggakan....
apapun yang kalo berhubungan dengan sirip dan ekor satu2nya alat yang bisa membantu adalah gunting......inilah gunanya permak mempermak sirip , makanya saya bilang urusan permak mempermak tidak selalu berarti jelek dan tidak juga selalu beraarti bagus..
perhatikanlah pada aro waktu anakan, kalo dirasakan pondasi bongsor gede tapi sirip, ekor kecil dan bakalan kebanting....permak satu2nya jalan.....maka dari itu semua aro yang berasal dari aqua saya pasti uda bosan tidur di meja operasi...dan saya juga uda pasti bosan dimaki2 aro kalo aro bisa memaki.......

masalah aqua....
jujur saya bilang dari 1 tahun bahkan lebih kemaren sampe sekarang belum pernah masalah pada kaca aqua....
itu aqua dari sejak baru berupa ide sampai berbentuk aqua uda dipikirkan luar dalam dan dikonsult sama tukang aqua....
saya datang cuma bermodalkan niat mau aqua ukuran segitu harga gak terlalu menenggelamkan dompet dan aman dalam jangka panjang....

tukang aqua malahan gak gomong apa2 lagi. langsung minta waktu 2 hari, bayar sebagian biaya dan saya disuruh tunggu dirumah kalo aqua uda siap pakai akan diantar ke rumah.....garansi 1 tahun untuk masalah....dengan 3 syarat dari tukangnnya
1 air tidak boleh lebih dari 35cm tingginya,
2 kaki aqua dan alas lantai aqua harus datar.
3 cover aqua usahakan jangan yang berat2 dalam kondisi air full kapasitas dan jangan mengedor2 kaca aquanya...

sampai sekarang gak pernah dapet masalah dari tuh aqua.. bahkan air pernah diisi setinggi 38cm untuk tampung koi sementara....
kemaren2 sih bikin 3 sama speknya. gak ada 1 pun ang bermasalah......
malahan percaya atau tidak percaya ini kisah nyata dan bukan promosi.....
1 bos nya paman istri baru saja beli aqua bikinan pabrik size 180x90x80 tebal kaca 12mm.....harga 15jt komplit lengkap dengan filter canister eheim 2 biji, lampu nan 3 biji beserta rumah... mau tau apa yang terjadi sekarang?
sekali diangkut kerumah, setelah diisi air baru setegah oleh pembantunya aqua hancur belah 2.....komplain ke penjual alasannya permukaan lantai tidak rata,
sampai sekarang tuh masih indent pegantinya yang kata penjualnya mau 4 bulan (sekarang uda jalan 2 bulan)baru ada untuk ukuran segitu....tempat beli, perusahaan yang cukup terkenal di mall jakarta barat..
bayangkan aja yang kelihatannya bagus ternyata belum tentu bagus, malahan yang keliatannya jelek belum tentu jelek juga ternyata......masa "insinyur" aqua pabrikan kalah sama tukang kaca pinggir jalan dalam masalah rancang bangun aqua beserta kakinya..............
tanto is offline   Reply With Quote
Old 08-20-2008, 11:31 AM   #13
tanto (531)
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by h4di View Post
Sorry bru, nanya-nya satu2 aja khan jd lama nulis-nya, ijin pak tanto kalo butuh tukang ketik saya siap ngetiknya , trims


hahahaha nescafe time,, break time.....
tanto is offline   Reply With Quote
Old 08-20-2008, 12:06 PM   #14
h4di (3915)
NAC MEMBER
 
h4di's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Cibubur
Posts: 3,324
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

, udah dijawab bru,
nah saya mau tanya pak satu aja, si elmo itu makannya cuman bisa sejenis ndak bisa banyak macamnya sekarang aja cuma mau jangkrik, minta saran cara biar aro bisa kombinasi makannya, tp enak jg sih sebenarnya ndak ribet, tp ya agak lama gedenya, apa biar aja ya ntar jg bosen sendiri trims
h4di is offline   Reply With Quote
Old 08-20-2008, 12:38 PM   #15
legability (3139)
NAC MEMBER
 
legability's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: jakarta
Posts: 2,909
Default Re: beberapa tip tentang aro......(revisi 1)

Quote:
Originally Posted by h4di View Post
, udah dijawab bru,
nah saya mau tanya pak satu aja, si elmo itu makannya cuman bisa sejenis ndak bisa banyak macamnya sekarang aja cuma mau jangkrik, minta saran cara biar aro bisa kombinasi makannya, tp enak jg sih sebenarnya ndak ribet, tp ya agak lama gedenya, apa biar aja ya ntar jg bosen sendiri trims


kalo dr pengalaman saya paling sadis adl puasain aro, kalo mao agak halus pake tankmate (saya pake lou han ama parot)

gmn menurut pak dokter tanto?

legability is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 06:28 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2024, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com